Sukses


    Kiprah Ciamik Andrea Pirlo di Piala Dunia 2006: 1 Gol, 3 Man of the Match, dan Gelar Juara

    Bola.com, Jakarta - Timnas Italia menyimpan kenangan indah dan spesial tentang Piala Dunia 2006. Bagaimana tidak, Jerman menjadi saksi perolehan trofi Piala Dunia mereka dilewati Italia.

    Jerman yang menjadi tuan rumah harus puas menempati peringkat ketiga tiga di Piala Dunia 2006. Mereka menang di pertandingan perebutan juara tiga melawan Portugal dengan skor 3-1.

    Sementara Italia menang sulit kala bertemu dengan Prancis. Pertandingan yang diwarnai dengan tragedi sundulan Zinedine Zidane tersebut dimenangi  Italia.

    Mereka berhasil menang melalui drama adu penalti setelah 120 menit bermain 1-1. Kegagalan eksekusi penalti David Trezeguet menandai kemenangan Italia dengan skor 6-4.

    Namun terselip kenangan manis bagi di balik kisah heroik Italia yang menjadi juara. Kenangan tersebut diukir oleh maestro lapangan tengah Italia, Andrea Pirlo. Berikut kisah Pirlo sepanjang Piala Dunia 2006.

     

    2 dari 4 halaman

    Kaki Kanan Pirlo: Gol Pertama dan Assist Terakhir

    Pada Piala Dunia 2006, Italia tergabung dalam Grup E. Kala itu Gli Azzurri bersaing dengan Ghana, Amerika Serikat, dan Republik Ceska.

    Pertandingan perdana Italia dihelat di Heinz-von-Heiden Arena saat bertemu dengan Ghana pada Selasa (13/6/2006). Kala itu Andrea Pirlo berhasil mencetak gol pertama Italia melalui sepakan kaki kanan di menit ke-41. Pada pertandingan Itu, Italia keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0.

    Di partai final melawan Prancis, kaki kanan Pirlo kembali melakukan keajaibannya. Kali ini sepakan kaki kanan Pirlo menghasilkan assist bagi tandukan Marco Materazzi.

    Berkat umpan terukur Pirlo, Italia berhasil menyamakan kedudukan. Mereka akhirnya keluar sebagai juara lewat drama adu penalti.

     

    3 dari 4 halaman

    Man of The Match: Umpan Cantik Pirlo

    Pirlo tampil apik saat di pertandingan perdana dengan lesakkan satu golnya. Permainan indah Pirlo juga mengantarkannya menjadi Man of The Match pada pertandingan tersebut.

    Pirlo juga menjadi sosok paling vital di balik kemenangan atas tuan rumah Jerman. Ketenangan dan umpan pendeknya ke Fabio Grosso di menit 119 menjadi pemecah kebuntuan.

    Umpan yang dilakukan sembari sedikit membuang muka itu digadang-gadang sebagai assist terbaik di Piala Dunia 2006. Gol Fabio Grosso juga membuat turun mental pemain Jerman sehingga satu menit setelahnya Del Piero berhasil menggandakan keunggulan Italia.

     

    4 dari 4 halaman

    Jadi Pemain Terbaik Lagi

    Pada pertandingan ini Pirlo keluar sebagai Man of The Match dengan assist indahnya. Pirlo juga kembali menjadi Man of The Match di partai puncak melawan Prancis.

    Satu assist dan gol pembuka adu penalti yang dicetak Pirlo memastikan Italia meraih gelar Piala Dunia keempatnya sepanjang sejarah.

    Sumber: berbagai sumber

    Disadur dari: Bola.net (Penulis Ahmad Daerobby/Editor Serafin Unus Pasi, published 1/8/2022)

     

    Video Populer

    Foto Populer