Sukses


3 Kekalahan Terburuk Jerman di Piala Dunia: Nyesek Banget, Sang Raksasa Dihancurkan Tim Kurcaci

Bola.com, Jakarta - Timnas Jerman merupakan negara perkasa dan langganan di Piala Dunia, hanya kalah dari Brasil. Hanya saja mereka dua kali tidak tampil di dua edisi Piala Dunia, yakni saaat menolak berpartisipasi pada 1930 dan dilarang tampil pada 1950 karena dampak Perang Dunia II.

Jika dalam dua Piala Dunia tersebut mereka tampil tentu akan menyamai rekor Brasil yang selalu tampil di 21 edisi Piala Dunia. 

Jerman merupakan tim kuat di setiap perhelatan Piala Dunia yang mereka ikuti. Der Panzer hampir selalu lolos ke fase gugur dan mengoleksi empat gelar Piala Dunia.

Meski selalu menjadi favorit untuk meraih gelar juara di tiap penyelenggaran Piala Dunia, Jerman kerap mengalami kesialan. Mereka pernah kalah dari tim yang tidak diunggulkan di turnamen empat tahunan ini.

Berikut tiga kekalahan terburuk Jerman di Piala Dunia. Tentu saja kekalahan ini tidak hanya mengejutkan rakyat Jerman tetapi juga seluruh dunia.

 

2 dari 4 halaman

3. Jerman 0-3 Kroasia (Piala Dunia 1998)

Pada Piala Dunia 1998 di Prancis, Timnas Jerman memboyong tim terbaiknya. Hanya saja pelatih Jerman saat itu Berti Vogts, tidak membawa Matthias Sammer, pemain terakhir Jerman hingga saat ini yang meraih Ballon d'Or, karena cedera.

Jerman sangat mudah melalui babak penyisihan grup dengan mengalahkan Iran dan Amerika Serikat serta bermain imbang melawan Yugoslavia. Di babak 16 besar, Der Panzer juga berhasil mengatasi Meksiko dan melaju ke perempat final untuk berusa tim debutan Kroasia.

Di atas kertas, Jerman yang dua tahun sebelumnya meraih gelar juara EURO 1996, seharusnya mudah untuk mengalahkan Kroasia. Ternyata kenyataan di lapangan berbeda karena Jerman kalah telak 0-3 dari negara pecahan Yugoslavia ini.

 

3 dari 4 halaman

2. Jerman 3-6 Prancis (Piala Dunia 1958)

Jerman datang ke Piala Dunia 1958 yang berlangsung di Swedia, dengan status sebagai juara bertahan. Der Panzer mampu melaju ke babak semifinal dan sayangnya kalah 1-3 dari tuan rumah Swedia.

Mereka akhirnya gagal ke laga final dan hanya menjalani laga hiburan memperebutkan tempat ketiga melawan Prancis. Kekuatan Prancis memang sedang menonjol berkat adanya Just Fontaine yang akhirnya meraih gelar top skorer dengan 13 gol yang dibuatnya di turnamen ini.

Publik mengira laga akan berlangsung dengan skor ketat. Tetapi ramalan itu tidak terjadi karena Prancis menang telak 6-3 dan membuat warga Jerman harus melihat kekalahan yang menyakitkan.

 

4 dari 4 halaman

1. Jerman 3-8 Hongaria (Piala Dunia 1954)

Setelah terkena larangan tampil di Piala Dunia 1950 karena dampak Perang Dunia II, Jerman akhirnya turun di Piala Dunia 1954. Tetapi, warga Jerman terpaksa menelan pil pahit melihat timnya kalah telak 3-8 dari Hungaria di laga babak penyisihan grup.

Beruntung kekalahan itu tidak membuat Jerman angkat koper secara cepat dari Swiss. Berbekal kemenangan dari dua tim lainnya di grup ini, Jerman melaju ke babak selanjutnya.

Jerman terus melaju bahkan mencapai final dan bertemu lagi dengan Hungaria. Beruntung di laga pamungkas nasib Jerman berbeda dan menang 3-2 serta meraih gelar Piala Dunia pertamanya.

Sumber: Sportkeeda 

Video Populer

Foto Populer