Sukses


    Kisah Manuel Neuer di Piala Dunia: Juara Bersama Timnas Jerman dan Jadi Kiper Terbaik pada 2014

    Bola.com, Jakarta - Timnas Jerman memulai kiprahnya di Piala Dunia 2014 di Brasil dengan begitu serius. Hasilnya, Manuel Neuer dkk. berhasil mengangkat trofi juara di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, setelah mengalahkan Argentina dalam laga final.

    Phillip Lahm dan kolega sukses memulai kampanye di Piala Dunia 2014 dengan dua kemenangan dan satu kali hasil imbang. Tergabung di Grup G bersama Amerika Serikat, Portugal, dan Ghana, tim dengan julukan Der Panzer tidak menemui kesulitan berarti dan lolos ke babak berikutnya.

    Pada fase knockout, gawang Manuel Neuer total hanya dijebol sebanyak dua kali saat melawan Aljazair dan Brasil, masing-masing satu gol dalam dua pertandingan tersebut.

    Dalam gelaran di Brasil tersebut, Timnas Jerman beruntung memiliki Manuel Neuer yang tangguh di bawah mistar gawang. Neuer menjadi satu di antara aktor yang berjasa membawa Jerman melangkah hingga laga puncak, terutama di babak delapan besar ketika digempur oleh Prancis.

    Dalam pertandingan tersebut, Les Bleus begitu agresif dengan mencatat total 13 tembakan, di mana 5 di antaranya mengarah ke gawang berhasil dimentahkan oleh Neuer.

    Namun, yang tak kalah menarik, dalam laga final melawan Argentina, Manuel Neuer justru tidak melakukan satu pun penyelamatan ketika mengantarkan Jerman menjuarai Piala Dunia untuk keempat kalinya dalam sejarah.

     

     

    2 dari 4 halaman

    Menyabet Golden Glove

    Manuel Neuer melengkapi trofi Piala Dunia 2014 dengan raihan gelar individu bergengsi, yakni meraih gelar penjaga gawang terbaik. Penampilan impresifnya sepanjang turnamen membuatnya diganjar penghargaan Golden Glove (Sarung Tangan Emas).

    Kiper Bayern Munchen ini menyingkirkan nama Keylor Navas dari Kosta Rika dan Sergio Romero di Timnas Argentina. Neuer selalu tampil dalam tujuh pertandingan Timnas Jerman di Piala Dunia kali ini.

    Selama 600 menit tampil untuk Der Panzer di Brasil, mantan kiper Schalke 04 itu kerap melakukan penyelamatan-penyelamatan penting. Sejak fase grup hingga final, Neuer tercatat melakukan 25 kali penyelamatan dan menorehkan empat clean sheet.

    3 dari 4 halaman

    Pujian dari Legenda Italia

     

    Manuel Neuer tampil sangat impresif selama putaran final Piala Dunia 2014. Dia melakukan sejumlah penyelamatan gemilang, sehingga Jerman sanggup melaju hingga babak final dan meraih gelar juara.

    Performa ciamik kiper Bayern Munchen ini mengundang decak kagum mantan penjaga gawang Timnas Italia, Dino Zoff. Kiper legendaris Gli Azzurri ini pun memberikan pujian kepada pemain berusia 28 tahun kala itu dengan menyebutnya sebagai yang terbaik di dunia.

    "Kiper Jerman (Neuer) saat ini merupakan yang terbaik di dunia. Dia berkelas, tenang, dan memiliki kemampuan menempatkan posisi. Dibandingkan sejumlah rekannya, dia lebih dari sekadar senjata, dia hebat dengan kakinya," ujar Zoff kepada Gazzetta dello Sport.

     

    4 dari 4 halaman

    Sempat Diragukan Bisa Tampil di Brasil

     

    Jelang terbang ke Brasil untuk memulai gelaran Piala Dunia 2014, Jerman melakukan training camp di Italia selama 10 hari. Kekhawatiran sudah menghinggapi pelatih Der Panzer, Joachim Loew.

    Jelang berlangsungnya pesta akbar empat tahunan sepak bola dunia, badai cedera menghantui Jerman. Sedikitnya lima pemain kunci Der Panzer dibekap cedera. Mereka adalah Philipp Lahm, Bastian Schweinsteiger, Manuel Neuer, Sami Khedira, dan Miroslav Klose.

    "Kami optimistis akan kondisi Manuel dan Philipp, yang hanya memerlukan perawatan intensif," ujar Loew.

    Disadur dari: Bola.net (Yoga Radyan/Serafin Unus Pasi, published 30/8/2022)

    Video Populer

    Foto Populer