Sukses


    Profil Stadion Piala Dunia 2022 : Lusail Iconic

    Bola.com, Jakarta - Terus berpacu, perhelatan Piala Dunia 2022 sebentar lagi dimulai. Kurang dari tiga bulan, tepatnya pada 21 November mendatang, semua mata akan tertuju ke Qatar.

    Sebanyak 32 negara yang terbagai dalam delapan grup akan bertarung menuju singgasana juara. Mampukah Prancis mempertahankan gelar atau negara lain yang akan menjadi yang terbaik?

    Sebagai tuan rumah, Qatar telah menyiapkan delapan stadion. Satu di antaranya adalah Stadion Lusail. Beragam catatan menyertai proses pembangunan keseluruhan venue, termasuk Lusail.

     

    2 dari 4 halaman

    Daya Tampung

    Mampu menampung 80 ribu penonton, stadion megah ini memakai nama kota Lusail dan hanya berjarak 20 kilometer dari Doha, Ibu Kota Negara. Proses pembangunan stadion ini mulai berlangsung pada April 2017.

    Stadion Lusail rampung pada April 2021. Tak dibangun sembarangan, perencanaan sudah digagas pada 2014. Punya desain modern, Lusail Stadium menggunakan tenaga surya untuk mendinginkan dan mengaplikasikan teknologi yang menyelaraskan diri dengan 'zero carbon'.

    Hal menakjubkan lainnya, unsur budaya setempat sangat kental terasa. Fanar yang melambangkan lentera Arab akan jelas terlihat jika terjadi interaksi antara cahaya dan bayangan.

    Stadion yang ramah lingkungan ini juga terlihat seperti mangkuk atau bejana yang identik dengan sebagian besar penduduk Arab, termasuk Qatar. Soal akses, tak perlu risau.

     

    3 dari 4 halaman

    Manjakan Pengunjung

    Selain kendaraan pribadi, stadion ini memiliki banyak jalur yang memudahkan para penonton. Stadion ini memiliki fasilitas tempat tinggal, toko, restoran, dan perawatan kesehatan.

    Para pengunjung bisa menggapai lokasi ini menggunakan moda transportasi umum, yakni Doha Metro Red Line. Penonton dapat mengakses stadion dengan menggunakan Al Khor Expressway.

    Fasilitas pendukung lain adalah sejumlah fasilitas park and ride di dekat stadion. Jadi nggak pakai ribet ya guys. Karena kemegahannya dan daya tampungnya yang luar biasa, FIFA memilih stadion ini sebagai venue pertandingan final.

    Namun, sebelumnya, enam laga fase grup, satu laga babak 16 besar, perempat final, serta semifinal juga dihelat di Lusail Stadium.

     

    4 dari 4 halaman

    Jadwal Pertandinga

    Info lengkapnya lihat deh di bawah ini:

    22 November 2022 : Argentina vs Arab Saudi

    24 November 2022 : Brasil vs Serbia

    26 November 2022 : Argentina vs Meksiko

    28 November 2022 : Portugal vs Uruguay

    30 November 2022 : Arab Saudi vs Meksiko

    2 Desember 2022 : Kamerun vs Brasil

    6 Desember 2022 : 16 Besar

    9 Desember 2022 : Perempat Final

    13 Desember 2022 : Semifinal

    18 Desember 2022 : Final

     

    Video Populer

    Foto Populer