Sukses


    Juarai Piala Dunia atau Tidak, Lionel Messi Tetap Pemain Hebat

    Bola.com, Jakarta - Mantan full-back Inter Milan, Javier Zanetti baru-baru ini menyampaikan pendapatnya yang menarik tentang superstar Argentina Lionel Messi yang selalu dibandingkan dengan Diego Maradona.

    Ada sejumlah faktor yang membuat Lionel Messi sering dibandingkan dengan Maradona. Pertama, jelas mereka sama-sama berasal dari Argentina. Keduanya merupakan pemain terhebat yang menjadi kebanggaan Albiceleste.

    Dari segi fisik, mereka juga mirip. Keduanya tak terlalu tinggi, dan juga sama-sama mengandalkan kaki kiri.

    Soal skill, mereka juga disebut sama dahsyatnya. Kontrol bola, dribel, teknik, sampai insting mencetak gol Lionel Messi dan Diego Maradona juga disebut mirip.

    2 dari 5 halaman

    Lionel Messi dalam Bayang-bayang Diego Maradona

    Namun orang selalu membandingkan keduanya, dan Lionel Messi seolah masih dalam bayang-bayang legenda Argentina, Maradona yang menjadi dewa bagi klub Napoli.

    Messi punya segalanya yang diimpikan oleh semua pemain sepakbola, dan tentunya pundi-pundi uang yang luar biasa nilainya.

    Messi sudah mendapatkan seluruh gelar juara yang bisa dia raih di level klub mulai dari Liga Champions, Piala Super Eropa, hingga Piala Dunia Antarklub

    Pemain berjuluk La Pulga itu juga sudah pernah meraih gelar pemain terbaik FIFA, UEFA, hingga Ballon d'Or.

    3 dari 5 halaman

    Belum Pernah Juara Piala Dunia

    Di level internasional, Lionel Messi sudah mengantar timnas Argentina menjadi juara Copa America 2021 dan Olimpiade 2008.

    Meski begitu ada satu hal yang belum mampu diraihnya : trofi Piala Dunia. Maradona sudah mempersembahkan piala paling bergengsi di dunia itu

    Jika berhasil meraih trofi emas Piala Dunia 2022 Qatar, Messi juga dipastikan akan lepas dari bayang-bayang legenda timnas Argentina, Diego Armando Maradona.

    4 dari 5 halaman

    Tak Perlu

    Di Piala Dunia FIFA 1986 di Meksiko, sebagai kapten Maradona hampir sendirian ia mengantarkan Argentina keluar sebagai Juara Dunia untuk kedua kalinya, setelah yang pertama pada tahun 1978 di Argentina.

    Maradona membuat gol terbaik sepanjang masa versi FIFA yaitu ketika Argentina bertemu Inggris di babak perempat final.

    Pada saat itu Maradona melakukan sprint sambil membawa bola dari tengah lapangan, kemudian melewati 5 orang pemain Inggris (Glenn Hoddle, Peter Beardsley, Steve Hodge, Peter Reid, Terry Butcher).

    Lalu ia menaklukkan kiper kenamaan Inggris, Peter Shilton. Semua itu dilakukan Maradona hanya dalam rentang waktu kurang lebih 10 detik.

    Banyak yang berpendapat, Messi memiliki peluang untuk melengkapi gelar bergengsi itu di Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar.

    Apalagi di turnamen yang pertama kali berlangsung di Timur Tengah itu menjadi kesempatan terakhir Messi tampil di Piala Dunia.

    Namun menurut Zanetti, dilansir dari sportskeed, 24 September 2022, Messi tak perlu memenangkan Piala Dunia untuk disebut hebat.

    5 dari 5 halaman

    Fiksasi

    “Dia tidak perlu memenangkan Piala Dunia untuk disebut hebat. Selalu ada fiksasi ini. Lihat saja angka-angkanya yang mengesankan," Javier Zanetti memberikan ulasan.

    "Saya juga memikirkan diri saya sendiri, karena hal yang paling penting adalah jalan yang diambil seseorang untuk sampai ke sana, tingkat tertentu, setelah memberikan segalanya." 

    "Saya katakan, bahwa sebagai orang Argentina, kami harus bangga memiliki dua pemain seperti ini," lanjut sosok yang kini menjadi Wakil Presiden Inter Millan dalam wawancara itu.

    Pada kesempatan berbeda, anak Maradona, Dirego Maradona Jr pada 2021 lalu pernah mengatakan bawah Messi menderita karena sering dibandingkan dengan ayahnya.

    Ia menegaskan bahwa ayahnya dan Lionel Messi tak sepatutnya dibandingkan, sebab keduanya adalah dua sosok yang berbeda.

    Sumber asli: Sportskeeda 

    Disadur dari: Liputan6 (Yo Kavya, Published 27/09/2022)

    Video Populer

    Foto Populer