Sukses


Ada Yang Tahu Aturan Jumlah Pemain di Piala Dunia 2022 ?, Yuk Simak Info Penting Ini

Bola.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 semakin dekat. Banyak hal menarik yang membuat perhelatan di Qatar memiliki daya magnet luar biasa. Satu pertanyaan simpel, bagaimana dengan aturan main jumlah skuad dalam satu tim?

Meski tergolong mudah, bukan berarti seluruh penggemar sepak bola tahu. Terlebih, ada beberapa perubahan nyata pada Qatar 2022, yang bertujuan semakin membuat penonton terhibur.

Piala Dunia 2022 akan berlangsung pada 20 November - 18 Desember 2022, dan bakal tak seperti biasanya. Maklum, Qatar merupajan negara kecil yang beriklim panas di Timur Tengah.

 

2 dari 4 halaman

Titik Kompromi

FIFA akan membuat sejumlah keputusan untuk menyesuaikan dengan keadaan. Satu di antaranya adalah komposisi skuad masing-masing tim. Jika sebelumnya sebanyak 23 pemain, kini diperbanyak menjadi 26 pemain.

Walhasil, umlah pemain di bangku cadangan juga bertambah yakni 15 pemain. Mereka akan bergabung dengan maksimal 11 staf tim.

FIFA mengatakan, perubahan itu dilakukan mengingat kebutuhan mempertahankan fleksibilitas karena waktu yang unik pada Piala Dunia saat ini. Pada sisi lain, FIFA juga melihat konteks yang lebih luas dari efek pandemi Covid-19.

 

3 dari 4 halaman

Tujuan Khusus

Pada dasarnya, FIFA meningkatkan jumlah pemain dari 23 menjadi 26 karena ketegangan yang menimpa pemain yang berkompetisi di musim 2022/2023. Hal itu berlatar penyelenggaraan Piala Dunia 2022, yang berada di zona mendekati rehat tengah kompetisi.

Saat ini, liga domestik harus menyesuaikan jumlah pertandingan yang sama ke dalam kalender yakni lima minggu lebih pendek. Itu jelas tugas yang sangat berat bagi para pemain.

FIFA juga telah menyetujui penambahan pergantian pemain di Piala Dunia nanti, dari tiga menjadi lima pemain. Ketika Piala Dunia 2022 berakhir dan jadwal reguler kembali ke bulan Juni-Juli untuk Piala Dunia 2026 dan seterusnya, FIFA akan memutuskannya kembali.

 

4 dari 4 halaman

Bagaimana Jika Selesai

Menurut rilis resmi FIFA, hari terakhir bagi pemain untuk tampil di klubnya adalah Minggu, 13 November 2022. Klub-klub harus melepas pemain yang dipanggil untuk tugas internasional pada Senin, 14 November 2022.

Setiap liga akan memberikan waktu libur secara berbeda, termasuk bagaimana mengatur ulang jadwal untuk mengakomodasi jeda lima minggu. Premier League sudah memutuskan seminggu lebih awal dari biasanya pada bulan Agustus dan akan dilanjutkan pada 26 Desember 2022, setelah berakhirnya Piala Dunia.

La Liga tidak dimulai seminggu lebih awal, tetapi juga akan kembali pada akhir Desember dan memperpanjang musimnya hingga Juni. Bundesliga di Jerman dimulai seminggu lebih awal seperti Premier League, tetapi tidak akan melanjutkan permainan sampai akhir Januari. Hal itu memberikan para pemainnya untuk istirahat di musim dingin.

Sumber: Sportingnews

Euforia fans Timnas Prancis usai lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer