Sukses


    Cerita Willie, Sang Maskot Piala Dunia 1966 : Bisa Jadi Jimat untuk Timnas Inggris Nih

    Bola.com, Jakarta - Pada Piala Dunia 1966, Inggris tampil sebagai juara. Di final, mereka mengalahkan Jerman Barat. Tapi, di edisi ini, tak melulu soal kedigdayaan Tiga Singa.

    Ada kisah lain yang tak boleh terlewat begitu, bahkan dilupakan. Apa itu? Tentu saja soal maskot. Namanya: Willie.

    Sebelum membahas Willie, kalian harus tahu, pada edisi 1966-lah kali pertama maskot diperkenalkan di Piala Dunia. Artinya, sejak bergulir di Uruguay tahun 1930, pesta bola terakbar empat tahunan besutan FIFA belum diwarnai dengan maskot.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Sebuah Anekdot

    Kembali ke Willie. Diberi nama Willie, karena merupakan anekdot dari singa sang raja hutan. Kartun Willie yang terlihat lucu itu mengenakan pakaian bermotif bendera kerajaan Inggris Raya.

    Jadi, kalau Timnas Inggris dijuluki Tiga Singa, ya dari sini muasalnya. Kala itu, Reg Hoye sosok penting di balik maskot Willie. Siapa dia? Hoye merupakan seorang ilustrator buku anak-anak.

     

    3 dari 4 halaman

    Karya Ilustrasi

    Dia pernah menggarap ilustrasi untuk buku Noddy Enid Blyton, Dr Who, dan The Daleks dari BBC. FA, melalui sekretarisnya, Denis Follows, meminta Hoye untuk membuat maskot Piala Dunia 1966, dimana Inggris dipercaya sebagai tuan rumah.

    Setelah berdiskusi panjang lebar sembari memajang beberapa disain, akhirnya disetujui Willie sebagai maskot. Jumpa pers digelar. Maskot Willie lalu dipajang di mana-mana, sebagai sinyal Inggris siap 100 persen menggelar kenduri tertinggi di cabang sepak bola.

    Rakyat Inggris menyambut "kelahiran" maskot Willie dengan gembira. "Seekor singa dengan potongan rambut Beatle, jersey Union Jack, dan alamat di suatu tempat di Yogi Bear's Jellystone Park," gurau Daily Mirror.

     

    4 dari 4 halaman

    Jadi Sakti

    Sejarah kemudian mencatat, maskot Willie mendatangkan tuah bagi para penggawa The Three Lions. Bak seekor singa mengamuk, anak-anak asuh Alf Ramsey menerkam lawan-lawannya, termasuk tim kuat Jerman di laga pamungkas.

    Tapi, setelah 1966, Inggris tak pernah lagi juara. Inilah yang coba mereka ulang di Piala Dunia 2022 Qatar. Sepertinya Gareth Southgate dan pasukannya perlu membawa replika maskot Willie sebagai "jimat" keberuntungan.

    Video Populer

    Foto Populer