Sukses


    Kemungkinan Tanpa David de Gea di Piala Dunia 2022, Timnas Spanyol Minus Kiper Nama Besar

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 akan dimulai pada 20 November 2022. Laga antara sang tuan rumah, Qatar melawan Ekuador akan menjadi laga pembuka ajang bergengsi itu.

    Saat ini para pelatih konstetan Pial Dunia 2022 tengah berpikir keras. Mereka harus menentukan 26 pemain yang tepat untuk dibawa ke ajang empat tahunan itu.

    Spanyol, sebagai juara dunia 2010 memiliki persiapan yang menarik. La Furia Roja sampai sekarang masih belum menentukan siapa yang akan menjadi kiper utama di ajang Piala Dunia 2022.

    Pada jeda internasional terbaru yang berlangsung September 2022 lalu, Spanyol memanggil tiga penjaga gawang. Menariknya, tak satupun dari tiga nama yang dipanggil oleh Luis Enrique itu yang bisa dikatakan kiper dengan nama besar.

    Di skuad Spanyol saat itu ada David Raya (Brentford), Robert Sanchez (Brighton & Hove Albion), dan Unai Simon (Athletic Bilbao). Kiper Manchester United, David De Gea justru tidak masuk dalam rencana Luis Enrique.

    2 dari 6 halaman

    Era Emas

    Spanyol pernah mengalami era emas. Mereka menjadi juara EURO 2008, Piala Dunia 2010, dan EURO 2012. Saat itu Iker Casillas menjadi andalan utama di bawah mistar La Furia Roja.

    Tak hanya menjadi penjaga gawang andalan, Iker Casillas pun menjadi kapten skuad Spanyol saat iti. Casillas mampu menjadi penengah para pemain Barcelona dan Real Madrid yang bersaing secara panas di level klub.

    Selain Iker Casillas, Spanyol pun memiliki beberapa kiper lain yang mangantre. Mereka mengantre bukan hanya untuk mendapatkan kesempatan menggantikan Casillas, tapi juga menjadi deputi legenda Real Madrid itu.

    Selain Casillas, Spanyol saat itu memiliki Victor Valdes dan Pepe Reina. Kiper lain seperti Andres Palop dan Diego Lopez pun siap masuk ke skuad Spanyol sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

    3 dari 6 halaman

    De Gea Gagal Memanfaatkan Kesempatan

    Era Iker Casillas, Victor Valdes, dan Pepe Reina pun berakhir setelah Piala Dunia 2014. Setelah itu, David De Gea sebenarnya dijagokan untuk menggantikan posisi Casillas.

    Kebetulan saat itu De Gea terus menjadi tumpuan Manchester United. Kiper yang kini berusia 31 tahun itu memang beberapa kali menjadi pemain terbaik MU dalam satu musim.

    Namun, De Gea gagal memanfaatkan kesempatan yang ia dapatkan di Timnas Spanyol. La Furia Roja tampil biasa saja di turnamen yang mereka ikuti ketika De Gea menjadi kiper utama.

    Hal itu terjadi pada EURO 2016 dan Piala Dunia 2018. Bahkan, di Piala Dunia 2018 penampilan De Gea menjadi sorotan lantaran beberapa kali ia melakukan blunder.

    4 dari 6 halaman

    Tidak Cocok dengan Skema Luis Enrique

    Pada EURO 2020 lalu, Luis Enrique masih menyertakan David De Gea pada skuadnya. Menariknya, De Gea tak menjadi pilihan utama.

    Kiper muda Athletic Bilbao, Unai Simon justru saat itu menjadi kiper utama Spanyol. Enrique tampaknya memiliki alasan yang cukup bisa dimengerti mengapa ia menepikan De Gea.

    Enrique mengidamkan permainan penguasaan bola yang mengalir dari lini paling bawah ke lini paling depan. Permainan yang juga ia terapkan ketika melatih Barcelona.

    De Gea tidak terlalu bagus dalam memainkan bola dengan kakinya. Beberapa kali eks kiper Atletico Madrid itu terlihat kagok ketika harus ikut serta membangun serangan dari lini yang paling belakang.

    5 dari 6 halaman

    Unai Simon Terdepan

    Unai Simon muncul sebagai nama terdepan untuk menjadi kiper utama Spanyol di Piala Dunia 2022. Dibandingkan dengan David Raya dan Robert Sanchez, Simon memang paling berpengalaman.

    Sejauh ini kiper berusia 25 tahun itu sudah memiliki 27 caps bersama Timnas Spanyol. Permainan Simon di ajang EURO 2022 lalu pun mendapatkan pujian. Ia menjadi salah satu alasan mengapa La Furia Roja bisa lolos ke babak semifinal.

    Simon pun menjadi andalan bersama Athletic Bilbao di musim ini. Kiper dengan tinggi badang 190 cm itu sudah 11 kali bermain untuk Los Leones. Ia pun sudah mencatatkan empat clean sheets.

    6 dari 6 halaman

    Jadwal Timnas Spanyol di Grup E Piala Dunia 2022

    • - Spanyol Vs Kosta Rika, 23 November 2022 (19.00 WIB
    • - Spanyol Vs Jerman, 27 November 2022 (22.00 WIB)
    • - Jepang Vs Spanyol, 1 Desember 2022 (22.00 WIB)

     

    Video Populer

    Foto Populer