Sukses


    Bangga! 15 Artis dan Seniman Indonesia Bakal Hadir di Piala Dunia 2022 Qatar

    Bola.com, Jakarta - Sebanyak 15 artis dan seniman dari Indonesia akan tampil di Fan Zones selama Piala Dunia 2022. Mereka bergabung dengan sekira 150 seniman lainnya dari berbagai negara.

    Informasi ini dikatakan oleh Duta Besar RI untuk Negara Qatar di Doha, Ridwan Hassan, seperti dilansir Gulf Times, Jumat (28/10/2022). Dengan ini, diharapkan Indonesia bisa memperkenalkan budaya dan warisan Tanah Air kepada dunia.

    "Kami ingin berkontribusi dalam membuat turnamen bergengsi ini, yang berlangsung untuk pertama kalinya di dunia Arab, momen yang tak terlupakan bagi semua orang dengan menampilkan budaya dan warisan kami," kata utusan itu kepada Gulf Times.

     

    2 dari 4 halaman

    Gelar Pameran Batik

    Hassan mencatat bahwa kedutaan juga berencana untuk menyelenggarakan Pameran Batik, antara lain, di Katara – Desa Budaya selama turnamen Piala Dunia 2022.

    "Saya sering menyebutkan bahwa dalam hubungan antar negara, hubungan antar pemerintah tentu penting. Namun, hubungan di antara rakyat mereka harus menjadi landasan diplomasi negara," kata Hassan.

    "Inilah sebabnya mengapa Indonesia selalu tertarik untuk berpartisipasi dalam berbagai acara budaya di Qatar, termasuk yang baru-baru ini diadakan 'Community Days Festival' di Flag Plaza, karena kami ingin menempatkan people-to-people contact sebagai modalitas utama dalam diplomasi kami," tambahnya.

     

    3 dari 4 halaman

    Apa Saja?

    Duta Besar dan anggota kelompok budaya Indonesia di Qatar seperti Puspa Qinarya (menari), Sanggar Seni Mesaieed (musik dan menari), Rumah Seni Al Khor (musik dan menari), Angklung Wanita Indonesia (musik), Paduan Suara Bahana Indonesia Gemilang, dan Pemain saksofon Indonesia, Budi Wahono, juga terlibat dalam festival yang menampilkan sekitar 154 penampil.

    "Apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan kepada Qatar Museums (QM) dan Museum of Islamic Art yang selalu memberikan ruang yang cukup bagi kami, Komunitas Indonesia untuk berpartisipasi dalam berbagai acara budaya di Qatar," kata Hassan.

    4 dari 4 halaman

    Perayaan Qatar Creates

    Pada bulan September 2022, KBRI bersama dengan Perhimpunan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa), mengadakan serangkaian demonstrasi langsung, pertunjukan tradisional, dan kegiatan untuk memperingati Hari Kebudayaan Indonesia di Multaqa Plaza Kota Pendidikan.

    Acara tersebut juga merupakan bagian dari perayaan HUT RI ke-77. Duta Besar memuji “Qatar Creates”, yang diselenggarakan oleh QM, dengan mengatakan bahwa inisiatif semacam itu berkontribusi secara signifikan tidak hanya dalam mempromosikan budaya Qatar tetapi juga dalam membawa Qatar ke tingkat lain dalam hal perannya dalam budaya dunia.

    Hassan menggambarkan Qatar Creates sebagai gerakan budaya nasional sepanjang tahun di mana "tradisionalitas dan modernitas bertemu". Ini mengkurasi, mempromosikan, dan merayakan keragaman kegiatan budaya di Qatar dan menghubungkan khalayak penduduk dan global dengan industri kreatif Qatar.

    "Ini adalah ide cerdas yang disampaikan oleh QM untuk memperkenalkan budaya tradisional Qatar dan modernitasnya pada saat yang sama," kata Hassan. "Kedutaan telah lama bekerja sama dengan QM dan bekerja erat dengan mereka dalam mempersiapkan Tahun Kebudayaan Qatar-Indonesia 2023."

    Dinukil dari: Liputan6.com (Muhammad Rizal, published 28/10/2022)

    Video Populer

    Foto Populer