Sukses


    Penerawangan Pelatih PSIM: Inggris dan Belanda Mentok Cuma Perempat Final Piala Dunia 2022

    Bola.com, Yogyakarta - Timnas Inggris dan Timnas Belanda jadi salah satu kontestan di perhelatan Piala Dunia 2022. The Three Lions tergabung di Grup B bersama Iran, Amerika Serikat, dan Wales. Sedangkan Timnas Belanda menghuni Grup A dan akan bersaing dengan Ekuador, Senegal, dan tuan rumah Qatar.

    Bisa dibilang kedua tim ini beruntung berada di satu grup dengan lawan-lawan yang relatif enteng. Timnas Inggris dan De Oranje pun diprediksi bakal lolos mudah di babak penyisihan dengan status juara di grup masing-masing.

    Namun, prediksi itu apakah bakal menjadi kenyataan, atau malah sebaliknya?

    Pelatih PSIM Yogyakarta Erwan Hendarwanto memberikan prediksinya. Pelatih 45 tahun itu punya pandangan tersendiri terhadap kiprah dua tim nasional itu di Piala Dunia edisi kali ini.

    2 dari 6 halaman

    Inggris Sulit Tembus Final

    Menurut Erwan Hendarwanto, Timnas Inggris merupakan salah satu tim nasional yang punya nama cukup bagus di perhelatan Piala Dunia. Mereka juga diperkuat pemain-pemain berkualitas. Gareth Southgate membawa 26 pemain ke Piala Dunia 2022. Skuad Timnas Inggris diisi perpaduan pemain muda dan pemain berpengalaman.

    Namun, akan sejauh mana The Three Lions melangkah, Erwan memprediksi Timnas Inggris akan mentok di perempat final di ajang empat tahunan itu.

    "Menurut saya mungkin bisa sampai ke babak 8 besar. Inggris bisa ke perempat final di Piala Dunia 2022. Kalau nembus final saya rasa akan sulit karena setelah fase 16 besar lawannya akan sangat berat," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com Minggu (20/11/2022) sore.

    "Tapi yang pertama Timnas Inggris akan mudah melaju ke babak 16 besar. Untuk lolos Grup B saya pikir punya peluang yang besar. Dan mungkin bisa juara grup lah," sambung Erwan.

     

    3 dari 6 halaman

    Tergantung Lawan

    Lebih jauh, Erwan mengatakan, secara matematis Timnas Inggris memang dijagokan bisa lolos dengan mudah dari fase grup. Tetapi, untuk menuju perempat final tentu dibutuhkan motivasi dan kerja keras dari seluruh pemain.

    "Dan untuk lolos ke babak berikutnya kan bergantung nanti ketemu dengan siapa. Itu juga mempengaruhi tetapi kans utamanya mereka pasti lolos dari grup," katanya.

    4 dari 6 halaman

    Belanda Akan Tetap Jadi Juara Tanpa Mahkota

    Sama seperti Inggris, Timnas Belanda juga diprediksi Erwan Hendarwanto hanya finish di babak perempat final. Alasannya? "Bisa sampai perempat final karena Belanda selalu memainkan sepak bola menyerang. Kebanyakan juga mereka mempunyai pondasi pemain di masing-masing klubn yang cukup kompetitif di liga," ucap Erwan.

    Timnas Belanda kembali mentas di Piala Dunia setelah pada edisi sebelumnya harus absen. De Oranje juga dalam performa cukup bagus selama Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Pun demikian dengan skuad yang dibawa pelatih Louis van Gaal ke Qatar juga terbilang lumayan.

    "Terus di setiap event Piala Dunia Belanda selalu memberikan sesuatu yang berbeda. Bahkan dijuluki juara tanpa mahkota karena mereka sudah tiga kali tampil di final Piala Dunia tapi memang selalu kalah," tutur mantan pelatih Persekat Tegal itu.

     

    5 dari 6 halaman

    Sulit Bersaing

    Seperti diketahui, Belanda tercatat sudah tiga kali menjadi runner-up di sepanjang gelaran Piala Dunia. Hasil itu didapat pada edisi 1974, 1978 dan 2010.

    Sementara ditanya soal kans untuk kembali melaju ke partai final, Erwan menilai akan sangat sulit. Mengingat calon lawan yang bakal dihadapi tentu akan lebih susah dari fase grup.

    "Tapi kalau tahun ini mungkin agak sedikit susah ke final ya 8 besar lah yang paling realiastis. Karena di sana masih ada Perancis, Brasil, Argentina, Jerman, dan Portugal tentunya jadi pesaing berat untuk menuju puncak. Kalau Belanda sampai final agak sulit," pungkasnya.

    (Ana Dewi)

    6 dari 6 halaman

    Liputan Khusus Piala Dunia 2022

    <p>Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Liputan Langsung Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer