Sukses


    Virgil van Dijk Ungkap Alasan Batal Gunakan Ban Kapten Pelangi di Piala Dunia 2022

    Bola.com, Al Thumama - Kapten Timnas Belanda, Virgil van Dijk, buka suara mengenai alasannya batal menggunakan ban kapten pelangi di Piala Dunia 2022. Van Dijk mengaku, enggan mengorbankan hal itu dengan kartu kuning.

    Virgil van Dijk sebelumnya berniat menggunakan ban kapten pelangi di Piala Dunia 2022. Penggunaan ban kapten "OneLove" yang menampilkan warna pelangi merupakan bagian untuk mendukung komunitas LGBTQ dan anti-diskriminasi dalam sikap melawan hukum Qatar.

    Namun, belakangan FIFA mengeluarkan aturan tegas terkait hal itu. Penyebabnya adalah OneLove bukan masuk bagian dari kampanye FIFA dan penggunaannya di Piala Dunia 2022 bakal mendapatkan sanksi kartu kuning.

    "Saya hanya ingin bermain sepak bola. Saya sebenarnya ingin sekali menggunakan ban tersebut, akan tetapi tidak dengan mengorbankan kartu kuning," kata Virgil van Dijk seperti dikutip The Guardian.

    2 dari 5 halaman

    Timnas Inggris Juga Batal

    Timnas Inggris juga batal menggunakan ban kapten pada Piala Dunia 2022. Namun, aturan tegas dari FIFA membuat Federasi Sepak Bola Inggris (FA) memilih untuk menaatinya.

    "FIFA sangat jelas akan menjatuhkan sanksi olahraga jika kapten kami mengenakan ban kapten di lapangan," bunyi pernyataan FA.

    "Sebagai federasi, kami tidak dapat menempatkan pemain kami pada posisi ketika mereka dapat menghadapi sanksi olahraga termasuk kartu kuning," jelas mereka.

    3 dari 5 halaman

    Tak Masuk Kampanye

    Presiden FIFA, Gianni Infantino, memperingatkan tim peserta untuk menggunakan ban kapten sesuai dengan tema kampanye sosial di Piala Dunia 2022. Bila tetap menggunakan ban kapten di luar tema, maka sanksi FIFA akan menanti.

    FIFA mengumumkan sembilan tema kampanye yang akan tercantum di ban kapten tim peserta di Piala Dunia 2022. Tema-tema itu tersebar dari berbagai babak penyisihan hingga final.

    Dalam daftar kampanye FIFA yang dirancang dengan tiga badan PBB yakni UNESCO, WFP, dan WHO, tak ada kampanye OneLove soal LGBTQ. Gianni Infantino menegaskan, agar tidak ada tim yang tetap nekat menggunakan ban kapten pelangi di Piala Dunia 2022.

    "Kami memiliki peraturan yang jelas tentang ban lengan. Kami memiliki dan terlibat dalam kampanye dengan berbagai topik, kampanye yang bersifat universal. Kami perlu menemukan topik yang dapat dipatuhi semua orang dan ini adalah elemen penting buat kami," kata Gianni Infantino.

    4 dari 5 halaman

    Kampanye FIFA di Piala Dunia 2022

    • Pertandingan pertama babak penyisihan: #FootballUnitesTheWorld
    • Pertandingan kedua babak penyisihan: #SaveThePlanet
    • Pertandingan ketiga babak penyisihan: #ProtectChildren #ShareTheMeal
    • Babak 16 besar: #EducationForAll #FootballForSchools
    • Babak perempat final: #NoDiscriminationBabak Semifinal: #BeActive #BringTheMoves
    • Perebutan tempat ketiga dan final: Football Is Joy, Passion, Hope, Love and Peace – #FootballUnitesTheWorld
    5 dari 5 halaman

    Piala Dunia 2022 Eksklusif di EMTEK

    <p>Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Liputan Langsung Pesta Bola 2022_1 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer