Sukses


    Sukses Kalahkan Jerman di Piala Dunia 2022, Jepang Tetap Jadikan Der Panzer Anutan

    Bola.com, Doha - Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, tak bisa menggambarkan perasaan setelah timnya mengalahkan Jerman dengan skor 2-1 pada laga Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022).

    Menurut Hajime Moriyasu, Jerman merupakan anutan bagi tim berjulukan Samurai Biru tersebut.

    Bertanding di Khalifa International Stadium, Timnas Jepang sebenarnya tertinggal lebih dulu melalui gol penalti dari Ilkay Gundogan pada menit ke-33. Namun, semuanya berubah pada babak kedua.

    Timnas Jepang berhasil melakukan comeback dramatis dengan mencetak dua gol ke gawang Jerman. Gol tersebut dicetak Ristu Doan (75') dan Takuma Asano (83') yang sukses memberikan kemenangan untuk Jepang atas Jerman.

    "Mereka adalah anutan bagi kami dan itu tidak akan akan pernah berubah. Bermain melawan Jerman menimbulkan perasaan campur aduk buat kami," kata Hajime Moriyasu seperti dikutip The Mirror.

    2 dari 5 halaman

    Punya Peran

    Hajime Moriyasu juga menyebut sepak bola Jerman punya peran besar dalam perkembangan Timnas Jepang. Itu dibuktikan dengan banyaknya pemain Jepang yang berkarier di Bundesliga.

    Mereka adalah Ko Itakura (Borussia Monchengladbach), Maya Yoshida (Schalke), Wataru Endo dan Hiroki Ito (Stuttgart), Ritsu Doan (Freiburg), Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt), Ao Yanaka (Fortuna Dusseldorf), dan Takuma Asano (Bochum).

    Hajime Moriyasu menilai, mungkin itu menjadi satu di antara kunci timnya bisa mengalahkan Jerman.

    "Kami sangat berterima kasih kepada sepak bola Jerman. Kami berkembang dan belajar dari mereka," ujar Hajime Moriyasu.

    "Kami memiliki tujuh pemain di Bundesliga. Mereka bermain dengan atau melawan pemain top. Saya yakin kami dapat percaya diri menunjukkan apa yang telah kami pelajari dari mereka," tegas pelatih Timnas Jepang itu.

    3 dari 5 halaman

    Ogah Jemawa

    Sementara itu, Maya Yoshida menyebut Timnas Jepang masih memiliki dua laga lagi di babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2022. Itulah yang membuat mereka pantang jemawa dan harus fokus ke laga selanjutnya.

    "Kami mendapatkan hasil yang bagus, tapi ini baru satu pertandingan. Kami masih melewati dua pertandingan lagi untuk lolos," ucap Maya Yoshida.

    "Kami harus fokus, tetap tenang dan bersiap dengan baik untuk pertandingan berikutnya," tegas pemain 34 tahun itu.

    4 dari 5 halaman

    Intip Persaingan Grup E

    5 dari 5 halaman

    Piala Dunia 2022 Eksklusif di EMTEK

    <p>Piala Dunia 2022 - Stempel Liputan Langsung Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer