Sukses


Analisis Kesuksesan Wakil Asia di Matchday Pertama Piala Dunia 2022

Bola.com, Jakarta - Dua wakil benua Asia, Arab Saudi dan Jepang mengawali laga perdana Piala Dunia 2022 dengan hasil memuaskan. Mereka secara mengejutkan berhasil mengalahkan tim-tim unggulan di ajang empat tahunan tersebut.

Tergabung di Grup C, Arab Saudi membuat kejutan dengan menjungkalkan salah satu tim favorit juara Argentina di Lusail Stadium, Doha, Qatar, pada Selasa (22/11/2022) sore. Pada laga itu Tim Elang Hijau menang 2-1 atas Timnas Argentina.

Dua gol Arab Saudi dicetak oleh Saleh Al-Shehri pada menit ke-49 dan Salem Al-Dawsari (54'). Sedangkan sebiji gol Tim Tango dilesakkan kapten tim Lionel Messi pada menit ke-10.

Kegemilangan wakil Asia terus berlanjut setelah Timnas Jepang sukses mempermalukan Timnas Jerman pada laga matchday pertama Grup E di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Doha Rabu (23/11/2022) malam.

Sama seperti Argentina, Timnas Jerman juga lebih dulu unggul via tendangan penalti di babak pertama. Gol Der Panzer dicetak oleh Ilkay Gundogan pada menit ke-33. Sementara dua gol Samurai Biru dilesakkan oleh Ritsu Doan pada menit 75 dan Takuma Asano di menit 83.

 

2 dari 6 halaman

Tak Bisa Dianggap Remeh

Tidak ada yang memprediksi Timnas Arab Saudi dan Timnas Jepang bisa mempermalukan tim bertabur bintang Argentina dan Jerman. Di atas kertas, Tim Tango dan Jerman jelas lebih difavoritkan untuk meraih poin penuh.

Namun, kenyataan di lapangan berkata lain. Timnas Argentina dan Jerman dibikin tak berkutik pada partai pembuka Piala Dunia 2022. Penampilan apik Timnas Arab Saudi dan Timnas Jepang menjadi bukti bahwa wakil Asia bukanlah tim yang bisa dianggap remeh. Meski tak diunggulkan, bukan berarti wakil benua Asia tidak mampu mengalahkan tim-tim favorit juara.

Kemenangan ini tentu bukan sekadar keberuntungan saja. Ada beberapa faktor yang membikin Timnas Arab Saudi dan Jepang mampu tampil perkasa menggilas lawan-lawannya di fase grup Piala Dunia 2022. Apa saja?

 

3 dari 6 halaman

Pantang Menyerah

Comeback is real. Barangkali itu ucapan yang pas untuk menggambarkan perjuangan Timnas Arab Saudi dan Timnas Jepang. Pasalnya, dua wakil Asia itu memang sama-sama tertinggal di babak pertama pada laga tersebut. Kedua kesebelasan juga sama-sama kebobolan lewat tendangan penalti.

Namun, kegigihan dan semangat pantang menyerah kedua tim ini dalam meladeni permainan lawan jadi kunci kemenangan mereka pada matchday pertama Piala Dunia 2022. Timnas Arab Saudi dan Samurai Biru mampu memanfaatkan celah yang ditinggalkan lawan saat terlalu asik menyerang.

 

4 dari 6 halaman

Memanfaatkan Peluang

Melihat kualitas baik secara tekhnik, skill dan pengalaman wakil benua Asia berada satu tingkat dibawah tim-tim benua Eropa dan benua Amerika Latin. Tetapi, pada laga pembuka Piala Dunia 2022, Timnas Arab Saudi dan Timnas Jepang menutupi segala kekurangan dengan tampil agresif dan efektif. Mereka mampu memanfaatkan sedikit peluang yang didapat.

Saat menghadapi Argentina, misalnya. Timnas Arab Saudi tidak membiarkan sedikitpun Tim Tango berlama-lama memegang bola. Begitupula dengan Timnas Jepang. Skuad Samurai Biru bermain sangat kompak, bahu-membahu mengawal lini pertahanan. Meski digempur pasukan Der Panzer, mereka tak gentar. Bahkan, berhasil membalikkan keadaan dalam kurun waktu delapan menit saja.

 

5 dari 6 halaman

Kiper Arab Saudi dan Jepang Tampil Ciamik

Dua penjaga gawang Arab Saudi dan Jepang, yakni Mohammed Al Owais dan Shuichi Gonda tampil memukau pada laga pembuka Piala Dunia 2022. Kedua kiper ini jadi salah satu kunci utama kesuksesan timnya mengalahkan Timnas Argentina dan Timnas Jerman.

Mohammed Al Owais sukses melakukan sederet penyelamatan ciamik dan menghindarkan timnya kebobolan banyak gol. Mulai dari tendangan Angel Di Maria, Rodrigo de Paul, hingga sundulan Lionel Messi.

Penampilan Shuichi Gonda pun tak kalah apik. Sepanjang laga kiper berusia 33 tahun itu mampu meredam gempuran Der Panzer. Dia tercatat melakukan sebanyak delapan kali penyelamatan untuk Timnas Jepang. (Ana Dewi)

6 dari 6 halaman

Liputan Khusus Piala Dunia 2022

<p>Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Liputan Langsung Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

 

Euforia fans Timnas Prancis usai lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer