Sukses


    Laporan Langsung dari Piala Dunia 2022 Qatar: Ngobrol Seru dengan Fans Korea Selatan, Kaget Ada Pemain Indonesia di K-League

    Laporan Langsung Ade Yusuf Satria dan Hendry Wibowo dari Qatar

    Bola.com bertemu dengan suporter Korea Selatan bernama Kwang Sun, saat meliput Piala Dunia 2022, menjelang duel Taeguk Warriors melawan Uruguay, Kamis (24/11/2022).

    Banyak hal yang kami bicarakan. Terutama, pelatih Shin Tae-yong yang kini menangani Timnas Indonesia.

    Satu hal lagi, kami mencoba bertanya apakah Kwang Sun mengenal pemain Timnas Indonesia yang bermain di Liga Korea Selatan, Asnawi Mangkualam.

    "Serius ada pemain Indonesia main di liga kami?" ujar Kwang Sun.

     

    2 dari 5 halaman

    Kenalkan Asnawi

    Kami pun memberi tahu bahwa Asnawi Mangkualam bermain untuk Ansan Greeners yang mentas di kompetisi kasta kedua Liga Korea Selatan. Ia kemudian berujar.

    "Semoga lebih banyak pemain Indonesia yang bermain di sini," harap Kwang Sun.

    Asnawi Mangkualam saat ini berstatus kapten Timnas Indonesia di era kepemimpinan Shin Tae-yong. Pemain didikan PSM Makassar tersebut bisa bertualang ke Korea Selatan atas bantuan sang nakhoda.

    3 dari 5 halaman

    Diperpanjang Terus

    Asnawi Mangkualam tampil memikat di Ansan Greeners. Pada musim pertamanya di Ansan (2021/2022), Asnawi tampil dalam 27 laga, mencetak dua gol dan dua assist.

    Ansen Greeners lalu menambah kontrak Asnawi berdurasi dua tahun, yaitu pada 2022 hingga 2023.

    Sebelumnya, Asnawi Mangkualam hanya menandatangani perjanjian selama semusim bersama klub K League 2 atau kasta kedua Liga Korea Selatan itu sejak Februari hingga Desember 2021.

     

    4 dari 5 halaman

    Berkembang Pesat

    Sejak bergabung bersama Ansan Greeners pada Januari 2021 berkat rekomendasi dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, Asnawi Mangkualam tampaknya cukup nyaman berkarier di Korea Selatan.

    Menjadi pemain pertama asal Asia Tenggara yang membela Ansan Greeners, Asnawi beradaptasi dengan baik.

    Putra dari mantan pemain PSM Makassar, Bahar Muharram, itu sampai saat ini sudah mengoleksi 40 penampilan bersama Ansan Greeners dalam dua musim K-League 2.

    Jumlah tersebut hanya terpaut empat penampilan yang didapatnya dalam empat musim Liga 1 bersama PSM Makassar, mulai dari 2017 hingga 2020, yang disetop karena pandemi COVID-19.

    Jumlah penampilan yang meningkat signifikan pada musim kedua di Korea juga menjadi bukti bagaimana Asnawi kini sudah menjadi bagian penting dari Ansan Greeners.

    5 dari 5 halaman

    Laporan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer