Sukses


    Laporan dari Piala Dunia 2022: Off Road Menuju Ujung Selatan Qatar, Makan Bubur Ayam di Tengah Gurun!

    Laporan Hendry Wibodo dan Ade Yusuf Satria dari Qatar

    Sabtu (26/11/22) pagi, pada sela-sela bertugas di Piala Dunia 2022Bola.com beruntung diajak oleh para WNI yang tinggal di Qatar untuk melihat indahnya Inland Sea dan bertualang di Gurun Sealine, Qatar. 

    Dubes RI untuk Qatar, Ridwan Hassan pun ikut dalam rombongan yang tergabung dalam komunitas Indonesian Dune Riders tersebut.

    Bersama rombongan dari Saung Angklung Udjo, jumlah mobil yang akan berangkat tidak kurang dari 17. 

    Mengawali petualangan dari titik temu di Woqod Sealine pukul 06.00 waktu Qatar, saya pun diberi pengetahuan oleh leader tim, Firdaus mengenai apa saja yang tidak boleh dilakukan saat off road di gurun. 

    “Yang pertama kita harus mengurangi tekanan angin pada ban kita hingga 15 psi supaya mengurangi traksi pada mobil, karena pasirnya sangat halus," kata Firdaus. 

    2 dari 6 halaman

    Menuju Khor Al Adaid

    Selama 1 jam lebih perjalanan saya dibuat takjub dengan pemandangan gurun yang memang belum pernah saya lihat sebelumnya.

    Kami pun dianjurkan selalu menggunakan sabuk pengaman karena guncangan di dalam mobil betul-betul terasa terutama saat melewati jalanan terjal.

    “Untuk safety riding, dianjurkan untuk tidak riding sendirian dan minimal harus ada 5 mobil terutama bagi traveler yang belum paham areanya," kata Firdaus menambahkan.

    Setelah kurang lebih satu setengah jam perjalanan, akhirnya kami pun sampai di titik yang kami tuju yakni pantai Inland Sea atau Khor Al Adaid. Pantai ini terletak di sisi paling selatan Qatar.

    3 dari 6 halaman

    Diakui UNESCO

    Yang menjadi keunikan tersendiri dari tempat ini adalah bagaimana gurun dan laut bertemu langsung. Tempat ini pun merupakan cagar alam yang telah diakui oleh UNESCO.

    Gurun Sealine menjadi satu di antara destinasi yang bisa dijelajahi penonton untuk mendapatkan sisi lain di Piala Dunia 2022.

    Gurun itu terletak di wilayah pesisir tenggara Qatar yang lautnya berbatasan langsung dengan Uni Emirat Arab. Kami menempuh perjalanan sekitar satu jam menggunakan mobil dari pusat kota Doha.

    Area dekat pantai Sealine sangat cocok untuk menjelajahi gurun ini melalui dune bashing. Wisatawan bisa memacu adrenalin dengan melakukan petualangan di bukit pasir gurun ini.

     

    4 dari 6 halaman

    Makan Bubur Ayam, Ada Pesan dari Pak Dubes

    Kami pun segera beristirahat dan menyantap makanan yang sudah disediakan oleh para WNI. 

    Makanan yang disediakan pun adalah mubur ayam, tahu isi dan berbagai makanan yang identik dari Indonesia. 

    “Alhamdullilah, kali ini kita para WNI bisa berkumpul dengan sehat di sini. Saya pribadi sangat senang sekali makin banyak WNI yang bisa bertemu di Qatar dan yang paling penting kita selalu solid, kata Ridwan Hassan," lanjutnya. 

    “Walaupun tim kita tidak bertanding di Piala Dunia 2022, kita juga bisa berbangga karena bisa menampilkan tim dari Saung Angklung Udjo yang mampu mengenalkan budaya Indonesia ke seluruh dunia, tambah Ridwan Hassan," katanya. 

     

    5 dari 6 halaman

    Perjalanan Pulang

    Pukul 10.00, kami pun bersiap untuk pulang dan kembali ke titik temu dilanjutkan kembali ke tempat masing-masing. Tidak lupa untuk mengisi kembali tekanan angin pada mobil yang kami tumpangi.

    6 dari 6 halaman

    Piala Dunia 2022 Eksklusif di Emtek

    <p>Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Liputan Langsung Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer