Sukses


    VIDEO Piala Dunia 2022: Mudahnya Bersedekah di Qatar

    Bola.com, Doha - Banyak hal baru yang ditemukan di Qatar, tuan rumah Piala Dunia 2022. Salah satunya adalah kotak amal berukuran besar yang terdapat di trotoar jalan.

    Pemerintah Qatar sangat memfasilitasi dan mempermudah para warganya yang ingin melakukan amal dan berbagi kebaikan untuk sesama. Pemerintah menyediakan kotak-kotak amal yang khusus menerima sedekah non-uang atau barang-barang bekas layak pakai seperti baju, sepatu, dan lain-lain.

    Menurut warga negara Indonesia (WNI) yang sudah tinggal belasan tahun di Qatar, Bakhtiar Sutanto, kotak amal seperti itu tersedia sangat banyak di berbagai tempat seperti mall, sekolah, dan perumahan.

    Lembaga amal itu dikelola oleh Qatar Red Crescent. Lembaga ini didirikan pada 1978 dan tiga tahun kemudian mendapat pengakuan dari komite Palang Merah Dunia. Mereka akan menyalurkan bantuan tersebut ke berbagai negara yang membutuhkan. 

    "Jika bertemu kulkas atau dispenser di depan rumah warga di sini, itu artinya air minum. Cara mereka bersedekah adalah dengan menyediakan kulkas dan dispenser di depan rumah. Siapa pun boleh mengambil," ungkap Bakhtiar.

    Selain itu, warga Qatar juga banyak yang meyediakan minum bahkan makanan gratis yang mereka sediakan di depan rumah mereka. Makanan dan minuman bisa diambil oleh siapa saja dan gratis.

    "Bahkan ketika di bulan Ramadan, makanan dan minuman yang disediakan warga bisa lebih banyak dan variatif. Mulai susu, kurma, roti, dan lain-lain," kata Bakhtiar menambahkan.

    Seperti apa kotak amal besar yang terdapat di Qatar itu? Para pembaca bisa melihatnya dalam tayangan peliputan langsung dua jurnalis Bola.com, Ade Yusuf Satria dan Hendry Wibowo, untuk Piala Dunia 2022 di atas.

    Video Populer

    Foto Populer