Sukses


    Baru 2 kali Jadi Juara Piala Dunia, Kenapa Uruguay Punya Bintang 4 di Jerseynya?

    Bola.com, Jakarta - Timnas Uruguay merupakan satu di antara negara yang memiliki sejarah panjang dalam perhelatan Piala Dunia. La Celeste jarang absen dalam ajang sepak bola terbesar sejagad ini.

    Piala Dunia 2022 menjadi penampilan ke-14 Uruguay di ajang sepak bola terakbar tersebut. Uruguay menjadi juara pada edisi pertama Piala Dunia.

    Dalam sejarah keikutsertaan di Piala Dunia, Timnas Uruguay pernah menjadi kampiun dua kali, yakni pada 1930 dan 1950.

    Di sisi lain, sesuai aturan FIFA, tim nasional boleh memasang bintang di jersey sebanyak jumlah trofi Piala Dunia. Pasalnya, ajang empat tahunan itu merupakan turnamen sepak bola terbesar di dunia.

    Brasil menjadi negara dengan koleksi trofi Piala Dunia yakni lima kali. Itulah mengapa, di atas lambang Federasi Sepak Bola Brasil, CBF, terdapat lima bintang.

    Kemudian, Jerman dan Italia menjadi dua negara dengan empat trofi Piala Dunia. Alhasil, kedua negara tersebut juga mencantumkan empat bintang di atas logo.

    Menariknya, lambang di jersey Timnas Uruguay terdapat 4 bintang, padahal baru dua kali juara Piala Dunia. Mengapa demikian?

    2 dari 3 halaman

    Kemenangan di Olimpiade

    Melansir dari laman Talksport, Senin (28/11/2022), ternyata, dua bintang lainnya itu berasal dari kemenangan di Olimpiade.

    Tercatat, Uruguay pernah dua kali meraih medali emas atau menjadi juara cabang olahraga sepak bola di Olimpiade, yakni pada 1924 dan 1928.

    Seperti diketahui, Piala Dunia kali pertama digelar pada 1930 maka Olimpiade dianggap sebagai pesta sepak bola terbesar kala itu.

    Pada 30 Mei tahun ini, Asosiasi Sepak Bola Uruguay mengonfirmasi bahwa mereka diizinkan untuk terus memakai empat bintang di lambang sepak bola mereka.

    La Celeste bepeluang menambah jumlah bintang menjadi lima, andai bisa menjadi juara di Piala Dunia 2022 Qatar.

    Apalagi pada Piala Dunia tahun ini, Uruguay dihuni pemain-pemain berpengalaman, seperti Luis Suarez, Edinson Cavani, Rodrigo Bentancur hingga Diego Godin.

    Skuad asuhan Diego Alonso mengawali laga perdana grup H Piala Dunia 2022 dengan hasil imbang tanpa gol kontra Korea Selatan.

    Selanjutnya, Luis Suarez dkk akan bertemu Portugal pada Selasa (29/11/2022). Kemudian pada laga terakhir fase grup, Uruguay akan melawan Ghana pada Jumat (2/12/2022).

     

    Sumber: Talksport

    3 dari 3 halaman

    Piala Dunia Hanya di EMTEK

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer