Sukses


    Analisis Divaldo Alves Mengapa Jerman dan Belgia Kelimpungan di Piala Dunia 2022, Habis Bensin?

    Bola.com, Jakarta - Perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar menyimpang dari tradisi beberapa pergelaran pesta sepakbola sejagat yang pernah dilakukan FIFA.

    Sebelumnya, Piala Dunia diputar pada bulan Mei atau Juni. Tapi khusus Qatar dilaksanakan pada akhir tahun. Hal ini disesuaikan dengan musim yang terjadi di Qatar.

    "Piala Dunia tahun ini memang berbeda. Banyak hal yang harus disesuaikan oleh FIFA agar turnamen ini berjalan lancar," kata Divaldo Alves.

    Pelatih Persik asal Portugal itu menjelaskan perubahan kebiasaan ini tentu membawa dampak bagi para kontestan Piala Dunia 2022. Terutama dari sisi kebugaran pemain yang tampil membela negara masing-masing.

    2 dari 5 halaman

    Kehabisan Bensin

    Regulasi baru di Piala Dunia 2022 menghadirkan sisi negatif bagi tim-tim Eropa.

    "Saya kira tim-tim asal Asia dan Afrika lebih diuntungkan. Sedangkan bagi peserta Eropa dirasa berat. Karena pemain Eropa tak punya waktu istirahat ideal. Setelah mereka tampil bersama klub di Liga Eropa yang selesai sekitar Agustus lalu," tuturnya.

    Divaldo Alves pun memaparkan fakta performa beberapa tim Eropa yang tak stabil di Piala Dunia 2022.

    "Belgia salah satu contohnya. Dengan materi pemain bisa dibilang cukup tua, Belgia sulit menampilkan permainan terbaiknya. Ini juga dialami pemain-pemain tua yang ada di tim-tim Eropa lainnya," ujarnya.

    3 dari 5 halaman

    Pemain Muda

    Kendati begitu, Alves menyebut tim Eropa yang memiliki banyak materi pemain muda bakal bisa bicara banyak hingga akhir Piala Dunia nanti.

    "Inilah pentingnya regenerasi dan kombinasi pemain di sebuah tim. Tim Eropa yang diperkuat banyak anak muda akan mampu melaju hingga babak akhir. Dari pengamatan saya, Prancis dan Spanyol yang akan bisa melakukan itu," ucapnya.

    4 dari 5 halaman

    Jadwal Padat

    Selain jeda antara kompetisi Liga Eropa dan Piala Dunia 2022 yang tak ideal, Alves juga menyebut jadwal Qatar yang cukup padat.

    "Di Liga Eropa, pemain akan tampil sepekan sekali. Di Qatar, mereka main dua atau tiga hari sekali. Bagi pemain yang berumur sulit mengembalikan kebugaran dalam waktu singkat. Ini juga berlaku bagi pemain dari Amerika Latin yang berkiprah di Liga Eropa, seperti Messi dan Neymar," paparnya.

    5 dari 5 halaman

    Liputan Khusus Piala Dunia 2022

    <p>Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Liputan Langsung Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer