Sukses


    Ulasan Luciano Leandro Tentang Kiprah Brasil Tanpa Neymar di Fase Grup Piala Dunia 2022: Tim Samba Tak Perlu Cemas

    Bola.com, Jakarta - Timnas Brasil tak akan diperkuat pemain bintang mereka Neymar di sisa laga babak penyisihan Grup G Piala Dunia 2022. Neymar harus absen lantaran menderita cedera pergelangan kaki. Cedera itu didapat saat menghadapi Serbia pada matchday pertama.

    Absennya Neymar jelas menjadi kehilangan besar bagi Tim Samba. Mengingat pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu merupakan salah satu andalan Timnas Brasil di Piala Dunia 2022. Pada pertandingan perdana, Neymar turun sebagai starter dan bermain selama 80 menit.

    Meski tidak mencetak gol, Neymar jadi salah satu kunci kemenangan 2-0 Selecao atas Serbia. Pergerakannya kerap membuat barisan pertahanan The Eagles kewalahan.

    Hal ini diakui legenda PSM Makassar Luciano Leandro. Pelatih berusia 56 tahun itu sangat menyayangkan absennya Naymar. Tetapi menurut dia Timnas Brasil akan tetap berjaya tanpa kehadiran pemain bernama lengkap Neymar da Silva Santos Junior itu.

    Luciano Leandro menyebut tim besutan Tite itu punya kedalaman skuad yang merata. Mereka juga tidak kekurangan pemain berkualitas untuk mengisi pos yang ditinggalkan Neymar.

    "Menurut saya tahun ini Brasil tidak begitu bergantung seperti tahun-tahun sebelumnya, Brasil saat ini memiliki skuad yang kuat dalam persaingan. Selain Neymar masih banyak pemain yang bagus," ujar Luciano Leandro kepada Bola.com Selasa (29/11/2022) pagi.

    2 dari 6 halaman

    Masih Ada Banyak Pilihan

    Apa yang dikatakan Luciano Leandro terbukti. Tim Samba tetap bisa meraup poin penuh tanpa hadirnya Neymar. Pada matchday kedua yang digelar di Stadion 974, Doha, Qatar Senin (28/11/2022) malam WIB, Brasil berhasil menundukkan Swiss dengan skor tipis 1-0. Gol tersebut dicetak oleh mantan pemain Real Madrid, Casemiro pada menit ke-83.

    Tidak hanya itu, penyerang muda Vinicius Junior juga tampil cukup baik dalam duel melawan Swiss. Pemain andalan Real Madrid itu bahkan sukses membobol gawang Yann Sommer pada menit ke-64. Sayang, gol tersebut dianulir usai wasit meninjau VAR.

    3 dari 6 halaman

    Lolos ke Babak 16 Besar

    Kemenangan tersebut sekaligus mengantarkan Brasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Tim Samba bertengger di puncak klasemen sementara Grup G dengan poin sempurna yakni enam poin. Selecao menemai Prancis dan Portugal yang melenggang ke fase gugur.

    "Saya melihat Vinicius Junior, Rafinha, Richarlison, dan Rodrygo Goes punya peranan penting memimpin Brasil menuju kemenangan. Saya yakin Brasil melalui fase berikutnya dengan lancar dan Neymar akan tetap menjadi nama besar di Piala Dunia tahun ini," kata mantan pelatih Persipura Jayapura itu.

    4 dari 6 halaman

    Neymar Pemain Brilian

    Pelatih kelahiran Rio de Janeiro, Brasil itu menyebut Neymar sebagai pemain brilian. Pemain berusia 30 tahun itu dinilai punya kualitas dan skill yang luar biasa.

    "Di Brasil beberapa orang mengkritik karena temperamennya, terutama ketika dia banyak memegang bola yang ingin menyelesaikannya sendiri. Tetapi tidak ada yang menyangkal kualitas, keberanian, dan kejeniusannya di lapangan. Sangat jarang atlet yang seperti Neymar," pujinya. (Ana Dewi)

    5 dari 6 halaman

    Persaingan Grup G Piala Dunia 2022

    6 dari 6 halaman

    Piala Dunia 2022 Eksklusif di Emtek Group

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer