Sukses


    Laporan dari Qatar: Ternyata Rendang Jadi Makanan Khas Indonesia Favorit Qatari

    Laporan Langsung Ade Yusuf dan Hendry Wibowo dari Qatar

    Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 merupakan negara kecil. Menurut data yang kami dapat dari Dubes RI untuk Qatar, negara ini memiliki jumlah penduduk 2,7 juta jiwa.

    Namun jumlah Qatari atau penduduk lokal hanya 400 ribu saja. Sisanya merupakan penduduk dari negara lain seperti India, Pakistan dan termasuk Indonesia.

    Dari sekitar 22 ribu Warga Negara Indonesia di Qatar, Susianawati merupakan salah satu yang memiliki restoran makanan khas Tanah Air.

    Namanya Serasa dan punya letak sangat strategis karena hanya sekitar 30 meter saja dari pintu keluar Stasiun Metro Joaan.

    Dengan tagline Indonesian Heritage Food, Serasa menyediakan makanan Padang, Nasi goreng sampai pecel lele.

    2 dari 5 halaman

    Rendang Favorit

    Kami pun penasaran dengan makanan khas Indonesia kesukaan Qatari atau warga asli lokal. Menurutnya rendang jadi favorit para Qatari.

    "Qatari yang saya tahu suka rendang. Sebagian Qatari sebenarnya kurang senang makanan pedas. Namun semakin ke sini, mulai terbiasa makanan pedas. Jadi bisa terima rendang itu sendiri," kata Susi-sapaan akrabnya ketika bertemu Bola.com.

    Jika rendang makanan favorit Qatari, lantas bagaimana dengan selera orang-orang bule terhadap makanan Indonesia?

    "Kalau bule itu sukanya menu sate, baik itu sate Kambing atau Ayam. Kalau di Serasa sendiri, punya menu andalan nasi goreng spesial Kambing," ujar Susi.

    3 dari 5 halaman

    Menu Beragam

    Serasa sendiri menyajikan beragam makanan khas Indonesia. Dari appetizer seperti pempek, lumpia sampai risoles.

    Buat yang ingin makanan berkuah, ada sop buntut, sop iga dan bakso solo. Tidak ketinggalan Serasa juga menyediakan menu makanan Padang.

    Dari rendang, gulai kikil, dan dendeng balado. Makanan seperti ikan bakar, nasi goreng sampai pecel lele ada guys.

    "Favorit di sini itu masakan Padang, apalagi orang Malaysia ya. Karena memang cita rasa masakan Indonesia mirip dengan Malaysia," ujar Susi yang memiliki background pekerja di perusahaan perhotelan ini.

    Tentunya buat kami yang sudah seminggu lebih meliput Piala Dunia 2022 Qatar, Serasa mengobati kerinduan lidah kami dengan makanan khas Indonesia yang beragam.

     

    4 dari 5 halaman

    Harga

    Soal harga, makanan di Serasa standart Qatar. Dari yang termurah untuk makanan ada di banderol 20 Qatar Riyal atau sekitar Rp80 ribu.

    Gado-gado, pecel sayuran, nasi goreng sampai kwetiau adalah deretan makanan yang memiliki harga 20 Qatar Riyal.

    Sementara minuman ada teh manis, teh kotak, teh botol sampai jus dengan range harga 5-18 Qatar Riyal. Pokoknya buat warga Indonesia restoran ini bak surga di tengah gurun pasir.

    5 dari 5 halaman

    Liputan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer