Sukses


    Hasil Piala Dunia 2022: Bikin Qatar Sengsara, Belanda Maju ke 16 Besar dan Juara Grup

    Bola.com, Al Khor - Belanda memastikan status juara grup A Piala Dunia 2022 dan lolos ke 16 besar setelah melibas tuan rumah Qatar di Stadion Al Bayt, Selasa (29/11/2022) malam WIB.

    Frenkie de Jong dkk. tampil mendominasi. Cody Gakpo membuka keunggulan De Oranje pada menit ke-26. Ini merupakan gol ketiga pemain PSV Eindhoven ini di Qatar.

    Gol kedua Belanda dipersembahkan oleh Frenkie de Jong pada menit ke-49.

    Kemenangan itu membuat Belanda finish dengan tujuh poin. Pada laga lain, Senegal menumbangkan Ekuador 2-1 dan menjadi runner-up grup.

    Belanda dan Senegal menyusul Prancis, Brasil, dan Portugal ke fase knock out Piala Dunia 2022

     

    2 dari 6 halaman

    Babak Pertama: 1-0

    Qatar juga tampil menekan sejak awal laga. Mereka tidak ingin kalah tiga kali beruntun sehingga mereka tampil menekan sejak awal laga.

    Namun perlahan tapi pasti, situasi berubah. Belanda mulai mendominasi jalannya pertandingan dan mereka mulai membombardir gawang Qatar.

    Setelah melakukan sejumlah percobaan, Belanda akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-26. Menerima umpan pendek dari Davy Klaassen, Cody Gakpo melewati adangan beberapa bek Qatar sebelum melepaskan tembakan ke pojok kiri bawah gawang Qatar yang gagal dihalau oleh Barsham. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Belanda.

    Gol tersebut membuat Belanda semakin percaya diri untuk menyerang. Qatar yang kesulitan mengembangkan permainan hanya sesekali melepaskan serangan balik namun tanpa membuahkan hasil.

    Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Belanda.

    3 dari 6 halaman

    Babak Kedua: 2-0

    Memasuki babak kedua, jalannya pertandingan tidak banyak berubah. Belanda masih tampil dominan dan menekan pertahanan Qatar.

    Benar saja, baru empat menit pertandingan babak kedua dimulai, Belanda sukses menggandakan keunggulan. Berawal dari sepakan Memphis Depay yang masih bisa diadang kiper Qatar, bola muntah jatuh ke kaki De Jong yang tidak terkawal dan tanpa kesulitan sang gelandang menceploskan bola ke gawang kosong Qatar. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Belanda.

    Berada dalam posisi tertingal, Felix Sanchez membuat tiga pergantian sekaligus. Karim Boudiaf, Mohammed Muntari dan Ali Asad dimasukkan untuk menggantikan Assim Madibo, Almoez Ali dan Hassan Al Haydos. Dua menit berselang, Van Gaal menarik keluar Davy Klaassen dan Memphis Depay dan digantikan dengan Steven Berghuis dan Vincent Janssen.

    Baru dua menit bermain, Berghuis berhasil membobol gawang Qatar melalui sontekkannya. Namun sayang gol itu dianulir oleh wasit karena dalam proses terciptanya gol itu Cody Gakpo yang memberi umpan sudah handsball duluan, sehingga VAR menganulir gol tersebut.

    Timnas Belanda nyaris mencetak gol ketiga mereka di masa injury time. Berguis lagi-lagi melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti, namun sayang tembakannya ini hanya mengenai mistar gawang Qatar.

    Jual beli serangan terus berlanjut, namun skor 2-0 bertahan untuk kemenangan Belanda.

     

    4 dari 6 halaman

    Susunan Pemain

    • Belanda (3-4-1-2): Noppert; Ake, van Dijk, Timber; Blind, De Jong, De Roon, Dumfries; Klaassen; Gakpo, Depay
    • Pelatih: Louis van Gaal
    • Qatar (5-3-2): Barsham; Ahmed, Hassan, Khoukhi, Correia, Mohamad; Hatem, Madibo, Al-Heidos; Afif, Abdulla
    • Pelatih: Felix Sanchez

    Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi)

    5 dari 6 halaman

    Akhir Perjalanan Grup A

    6 dari 6 halaman

    Laporan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer