Sukses


    Fakta Piala Dunia: Penjelasan Mengapa Jersey Jerman Berwarna Putih, Tidak Sesuai dengan Benderanya

    Bola.com, Jakarta - Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Timnas Jerman memakai jersey berwarna putih, padahal putih tidak ada dalam bendera negara mereka?

    Sejumlah negara biasanya akan menggunakan jersey dengan warna bendera mereka. Tengok saja Brasil dengan warna kuningnya, lalu Argentina warna biru putih hingga Kroasia yang identik dengan motif kotak merah putih sesuai benderanya.

    Sejak tampil perdana di Piala Dunia tepatnya edisi kedua tahun 1934, Jerman selalu menggunakan warna putih. Menggunakan jersey utama berwarna putih dengan paduan celana hitam ternyata membuat mereka hoki.

    Mereka kini berdiri sejajar dengan Italia dan telah mengoleksi empat gelar Piala Dunia. Jumlah itu di bawah Brasil yang telah lima kali memenangkan Piala Dunia.

    Lalu apa alasan Jerman mengenakan warna putih yang tidak sesuai dengan warna bendera mereka? Langsung kita simak jawabannya.

     

    2 dari 6 halaman

    Sejarah Jerman di Piala Dunia

    Jerman telah mengikuti 20 edisi dari total 22 edisi Piala Dunia yang telah berlangsung hingga tahun 2022 ini. Mereka hanya absen dua kali yakni tidak ikut saat tampil di Piala Dunia pertama 1930 dan dilarang tampil tahun 1950 dampak Perang Dunia II.

    Jerman merupakan tim yang kuat dan hanya dua kali tersingkir di awal babak yakni tahun 2018 dan 1938 yang saat itu langsung sistem gugur. Selain dua edisi itu, mereka sering melaju ke semifinal bahkan mencapai babak final.

    3 dari 6 halaman

    Akankah Tersingkir Cepat Lagi?

    Pada Piala Dunia 2022 ini, Jerman juga berada di ujung tanduk karena baru mengantongi satu poin dari dua laganya. Mereka kalah 1-2 dari Jepang dan imbang 1-1 dari Spanyol.

    Skuad Hansi Flick harus memenangkan laga terakhirnya melawan Kosta Rika sembari berharap Spanyol mengalahkan Jepang. Jika Thomas Muller dkk menang atas Kosta Rika maka sia-sia saja perjuangan Jerman jika Jepang juga menang atas Spanyol.

     

    4 dari 6 halaman

    Jersey Berwarna Putih

    Meski jersey putih Jerman tidak ada kaitannya dengan warna bendera negara tetapi sangat berhubungan erat dengan sejarah bangsa. Jersey putih ini terkait dengan Kekaisaran Prusia atau Borussia yang membentang dari perbatasan Rusia hingga perbatasan Prancis.

    Bendera dari kerajaan Jerman saat itu berwarna hitam putih hitam dan tengahnya ada salib hingga akhirnya berganti burung elang hitam. Sejak tim sepak bola Jerman berdiri tahun 1899 mereka memutuskan mengadopsi warna Prusia yakni putih dan hitam.

    Lambang burung elang juga masih ada untuk logo tim Der Panzer. Mereka masih mempertahankan warna ini, meskipun kerajaan Prusia akhirnya runtuh dua dekade usai kesebelasan Jerman terbentuk.

    Sumber: SportBible

    5 dari 6 halaman

    Posisi Jerman

    6 dari 6 halaman

    Laporan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer