Sukses


    Media Qatar Soroti Bola Resmi Piala Dunia 2022 Dibuat di Indonesia: Made in Madiun!

    Laporan Langsung Ade Yusuf Satria dan Hendry Wibowo dari Qatar

    Timnas Indonesia memang tidak mentas di Piala Dunia 2022. Namun tahukah Anda, nama Indonesia tetap harum di ajang empat tahunan ini.

    Adalah fakta Al Rihla, bola khusus untuk Piala Dunia 2022 ternyata dibuat di Madiun, Jawa Timur.

    PT Global Way adalah perusahaan yang membuat Al Rihla dan memiliki pabrik di Madiun. Dibuka tahun 2019, kini mereka sudah memperkerjakan sekitar 2 ribu pegawai.

    Fakta di atas turut diangkat media Qatar, Al Jazeera. Dalam tulisannya mereka mengangkat: "Sangat bangga: Indonesia ada di Qatar lewat bola resmi Piala Dunia 2022."

    2 dari 6 halaman

    Wawancara Bupati Madiun

    Menariknya Al Jazeera turut menyertakan wawancara bersama Bupati Madiun, Ahmad Dawami. 

    "Ketika kami membuka pabrik ini pada tahun 2020, kami memiliki rasa bangga yang luar biasa. Pabrik itu sangat penting bagi kami,” kata Dawami kepada Al Jazeera.

    Pada wawancara ini, Dawami mengatakan, pihaknya bukan cuma membuat bola untuk Piala Dunia 2022 Qatar.

    Mereka juga membuat satu juta bola dan akan dikirim ke Brasil, Inggris, Amerika Serikat, Jerman, dan Uni Emirat Arab sebagai bagian dari perayaan Piala Dunia 2022.

    3 dari 6 halaman

    Keterlibatan Indonesia

    Selasa (29/11/2022) pagi waktu Qatar, kami diundang Dubes RI untuk Qatar, Ridwan Hassan untuk sarapan bersama. Lokasi Wisma Dubes RI ini terletak di Al Salmiya St.

    Kami banyak berbincang khususnya soal keterlibatan Kedutaan Besar RI Doha selama Piala Dunia 2022. "Saya sering ditanya hal ini," ujar Ridwan sembari tersenyum.

    "Sambil bercanda saya bilang Timnas Indonesia memang tidak bertanding dan tidak masuk 32 peserta Piala Dunia 2022. Tapi kita menjadi negara ke-33," ujarnya.

    Maksud Ridwan Hassan soal Indonesia negara ke-33 karena kita dipercaya Qatar untuk memperkenalkan budaya Tanah Air selama Piala Dunia 2022.

    Dua budaya Indonesia yang bisa dilihat selama gelaran Piala Dunia 2022 adalah angklung dan batik.

    4 dari 6 halaman

    Angklung dan Batik

    Menurut Ridwan Hassan, Qatar merupakan negara tidak besar. Oleh karena itulah, untuk gelaran sebesar Piala Dunia 2022, pemerintah setempat membutuhkan kolaborasi dengan Dubes dari negara lain.

    Nah Indonesia dipercaya untuk memperkenalkan budaya angklung dan batik. "Jadi mereka melibatkan budaya dari banyak komunitas di sini, Indonesia pun masuk," ujar Ridwan Hassan.

    "Satu contoh paling menonjol angklung dan batik, sudah mereka intip sebagai kekayaan budaya Indonesia."

    "Kami melakukan kolaborasi. Jadi ada dua yang diundang. Pertama angklung Saung Mang Udjo dari Bandung. Kedua Batik House Indonesia untuk memperkenalkan batik," tambahnya.

    5 dari 6 halaman

    Volunteer dari Indonesia

    Bukan cuma memperkenalkan budaya Indonesia di Piala Dunia 2022, menurut Ridwan Hassan, negara kita turut menyumbang volunteer yang bekerja di event empat tahunan ini.

    "Jumlah volunteer asal Indonesia yang melapor ke KBRI itu ada 70 orang. Itu memang ada yang datang dari Indonesia maupun yang memang tinggal di Qatar," Ridwan menuturkan.

    6 dari 6 halaman

    Laporan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer