Sukses


    Hasil Piala Dunia 2022: Meksiko Menangis! Menang atas Arab Saudi, El Tri Tetap Merana Gagal ke 16 Besar

    Bola.com, Doha - Timnas Meksiko memetik kemenangan 2-1 atas Arab Saudi pada matchday ketiga Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Kamis (1/12/2022) dini hari WIB. Namun, kemenangan itu sia-sia karena Meksiko tetap gagal lolos ke babak 16 besar.  

    Babak pertama berlangsung tanpa gol hingga turun minum. Timnas Meksiko dan Arab Saudi sama-sama tidak berhasil memecah kebuntuan. 

    Meksiko membuka keunggulan melalui Henry Martin pada awal babak kedua, tepatnya menit ke-47. Setelah itu, El Tri menggandakan skor lima menit berselang. 

    Gol kedua Meksiko datang melalui Luiz Chavez. Hingga 90 menit, Polandia dan Meksiko mengoleksi nilai yang sama di Grup C, yaitu empat poin. Saat itu, Polandia dalam posisi tertinggal 0-2 dari Argentina di laga lain. 

    Uniknya, kedua tim punya selisih gol dan rekor head to head yang sama. 

    Jika itu bertahan hingga pertandingan usai, penentuan lolos sebagai runner up harus ditentukan melalui hitungan kedisiplinan, siapa yang kartu kuningnya lebih sedikit akan lolos. Polandia sementara unggul dalam ketegori ini. 

    Namun, skenario itu buyar setelah Arab Saudi mencetak satu gol balasan pada menit 90+5, melalui Salem Aidawsari. Gol itu memastikan Meksiko tersingkir karena kalah dari selisih gol dari Polandia, yaitu 1- berbanding 0. 

    Timnas Meksiko finis di posisi ketiga di bawah Argentina dan Polandia yang memastikan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara grup dan runner up Grup C. 

    2 dari 6 halaman

    Babak Pertama

    Meksiko yang perlu mencetak banyak gol untuk lolos dan Arab Saudi yang masih perlu tiga poin untuk lolos membuat permainan berjalan terbuka sejak awal. Namun, Meksiko datang dengan strategi yang lebih matang.

    Memanfaatkan kecepatan para pemainnya, Meksiko berkali-kali lebih mudah menembus pertahanan Arab Saudi. Sedangkan Arab Saudi hanya bisa mencatatkan tiga tembakan sepanjang 45 menit pertama.

    Meksiko juga unggul dari segi penguasaan bola mencapai 60 persen. Serangan demi serangan pun dibangun oleh Hirving Lozano dkk. Masalahnya satu, peluangnya tak ada yang menghasilkan gol.

    Padahal, Meksiko tercatat punya peluang-peluang bagus, masing-masing datang dari Henry Martin, Orbelin Pineda, dan Alexis Vega. Meksiko masih belum beruntung untuk bisa mencetak gol.

     

    3 dari 6 halaman

    Babak Kedua

    Dua menit setelah pertandingan dilanjutkan kembali, Meksiko akhirnya tancap gas. Berawal dari high press yang berhasil, para pemain Meksiko dengan cepat mengerubungi kotak penalti Arab Saudi. Martin kemudian berhasil menyambut umpan dari Cesar Montes.

    Meksiko kemudian langsung menggandakan keunggulan di menit ke-52. Tendangan bebas langsung Luis Chavez sukses menggetarkan gawang Arab Saudi untuk kali kedua.

    Selepas itu, Meksiko jadi leluasa untuk menguasai pertandingan. Gelombang serangannya jauh lebih banyak dan lebih berbahaya ke gawang Arab Saudi. Namun, hasilnya juga belum semujur dua peluang cepat di awal babak kedua tadi.

    Sampai akhir pertandingan, Meksiko berhasil memborbardir gawang Arab Saudi dengan 26 tendangan. xG yang tercipta pun mencapai 2,10.

    Bukannya mencetak gol tambahan untuk memastikan kelolosan, pertahanan Meksiko justru lengah. Permainan one-two cepat antara tiga pemain Arab Saudi berhasil mengantarakan Al-Dawsari berhadapan satu lawan satu dengan kiper Ochoa dan mencetak gol di menit ke-90’+6.

     

    4 dari 6 halaman

    Susunan Pemain

    • Arab Saudi (3-4-2-1): Mohammed Al Owais; Hassan Tambakti, Abdulelah Al Amri, Ali Al Boleahi (Riyadh Sharahili 37’); Sultan Al Ghannam (Hattan Sultan Babhir 88’), Ali Al Hassan (Abdullah Madu 46’), Mohammed Kanno, Saud Abdulhamid; Feras Al Brikan, Salen Al Dawsari; Salah Al Shehri (Abdurrahman Al-Obood 62’).
    • Pelatih: Herve Renard
    • Meksiko (4-2-3-1): Guillermo Ochoa; Jorge Sanchez (Kevin Alvarez 86’), Cesar Montes, Hector Moreno, Jesus Gallardo; Edson Alvarez (Rogelio Funes Mori 86’), Luis Chavez; Hirving Lozano, Orbelin Pineda (Carlos Rodriguez 77’), Alexis Vega (Uriel Antuna 46’); Henry Martin (Raul Jimenez 77’).
    • Pelatih: Gerardo Martino
    5 dari 6 halaman

    Intip Posisi Akhir Grup C

    6 dari 6 halaman

    Nikmati Sajian Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer