Sukses


    Sejarah Tercipta, Pertandingan Piala Dunia Pria Dipimpin Trio Wasit Wanita

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar terasa spesial. Pasalnya, untuk kali pertama dalam sejarah, sebuah pertandingan sepak bola pria di Piala Dunia akan dipimpin oleh wasit wanita.

    Wasit utama, yang untuk kali pertama mengadili jalannya pertandingan di level Piala Duniaadalah Stephanie Frappart. Wasit asal Prancis ini ditugasi memimpin laga penyisihan Grup E, mempertandingkan Kosta Rika versus Jerman, Jumat dini hari WIB (2/12/2022).

    Stephanie Frappart tidak bertugas sendiri. Dia akan ditemani koleganya sesama wanita, yang menjadi asisten wasit, yakni Neuza Back (Brasil) dan Karen Diaz (Meksiko). Jadi, duel Kosta Rika melawan Jerman akan dipimpin trio wasit wanita. Ini kali pertama terjadi di Piala Dunia pria.

    Sebelum Piala Dunia 2022 bergulir, Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, menegaskan bahwa mereka dipilih karena keterampilan mereka.

    "Mereka dipilih bukan karena mereka wanita, tetapi sebagai wasit FIFA. Mereka bisa memimpin pertandingan apa pun," ujar Collina.

    Collina mengatakan wasit yang dipilih untuk memimpin pertandingan berdasarkan tingkat kinerja mereka selama sesi latihan dan harus siap untuk memimpin pertandingan apa pun.

    Sebelum melakukan debutnya sebagai wasit utama pada laga Kosta Rika vs Jerman, Frappart pernah bertugas sebagai wasit keempat di Piala Dunia 2022 saat pertandingan Polandia vs Meksiko di Grup C (22/11/2022).

    Sebagai informasi, pada 2020, Frappart mengukir sejarah dengan menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Champions pria.

    Lalu pada Maret lalu, wanita kelahiran 14 Desember 1983 ini menjadi wasit wanita pertama yang memimpin Kualifikasi Piala Dunia pria. Dia juga memimpin pertandingan di Ligue 1.

    2 dari 3 halaman

    Respons Pelatih dan Pemain Kosta Rika serta Jerman

    Penunjukan Frappart sebagai wasit utama di Piala Dunia 2022 dapat sambutan positif dari pelatih dan pemain kedua tim. 

    "Saya pengagum berat segala sesuatu yang telah ditaklukkan wanita dan saya menyukai fakta bahwa mereka ingin terus menaklukkan sesuatu," kata Fernando Suarez, pelatih Timnas Kolombia.

    "Ini adalah langkah maju lainnya. Ini berbicara banyak untuk wanita ini, tentang komitmennya, terutama dalam olahraga yang sangat seksis ini. Sangat sulit untuk mencapai titik yang telah dia capai, saya pikir itu bagus untuk sepak bola dan langkah positif untuk sepak bola, untuk menunjukkan bahwa sepak bola terbuka untuk semua orang," imbuh Suarez.

    Gelandang Kosta Rika, Celso Borges, juga merespons hal tersebut. "Saya pikir ini hebat dan merupakan pencapaian besar bagi wanita secara global," ujarnya. 

    Sementara pelatih Timnas Jerman, Hansi Flick, mengaku menaruh kepercayaan 100 persen untuk kepemimpinan Frappart di lapangan.

    "Dia pantas berada di sini berdasarkan performanya. Saya harap dia sama-sama menantikan pertandingan seperti kami, dan saya harap dia bisa memberikan performa yang bagus," ucap Flick. 

     

    Sumber: SBS, Reuters

    3 dari 3 halaman

    Liputan Khusus Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer