Sukses


    Bola Sudah Out atau Belum? Penjelasan Gol Kontroversial Jepang ke Gawang Spanyol yang Buat Jerman Tersingkir dari Piala Dunia 2022

    Bola.com, Doha - Sejumlah pihak menganggap gol kedua Timnas Jepang ke gawang Timnas Spanyol yang dicetak oleh Ao Tanaka pada menit ke-51 di Piala Dunia 2022 tidak sah. Apa sebab? Bola telah lebih dulu keluar dari lapangan.

    Kejadian bermula dari umpan Ritsu Doan ke tiang dua Timnas Spanyol. Namun, bola mengalir terlalu deras. Tapi, Kaoru Mitoma tetap berusaha untuk mengejar bola itu.

    Kaoru Mitoma sampai memerosot untuk menyelamatkan bola agar tidak out dan berhasil. Bola lalu mengarah ke bibir gawang Spanyol. Ao Tanaka lantas tinggal menyambar bola dengan lututnya.

    Gawang Timnas Spanyol telah kosong-melompong karena kiper Unai Simon memilih untuk jatuh-bangun ketika umpan Ritsu Doan ternyata dapat diambil oleh Kaoru Mitoma.

    2 dari 8 halaman

    Aturan IFAB

    Sepintas dari tayangan ulang, bagian bawah atau dudukan bola telah keluar dari garis lapangan sebelum disapu oleh Kaoru Mitoma. Namun, wasit dan VAR mengacu kepada aturan International Football Association Board (IFAB).

    The Athletic mengulas bahwa hakim garis Souru Phatsoane sempat memberikan isyarat bahwa bola telah out. Tapi, wasit Victor Gomes memilih untuk mengecek VAR.

    Dalam 'Law 9 The Ball In and Out Of Play' IFAB yang dimuat di situs theifab.com, bola dianggap keluar jika keseluruhan bola telah melewati garis lapangan baik di tanah atau di udara.

    3 dari 8 halaman

    Bola Belum Out

    Pada kejadian Kaoru Mitoma, meski bagian bawah atau dudukan bola sudah out dari garis, namun sisi bola masih bersentuhan dengan garis jika dilihat dari atas.

    Sudut pandang yang berbeda, terutama dari samping membuat bola terlihat seolah-olah telah keluar, padahal belum out jika dilihat dalam tayangan ulang dari angle atas.

    Wasit Victor Gomes tidak sampai memeriksa monitor VAR untuk mengesahkan gol tersebut, melainkan hanya mendengar ofisial VAR melalui alat pendengarnya.

    4 dari 8 halaman

    Gol Kemenangan

    Sistem teknologi garis gawang tidak dapat mengecek insiden itu karena sistemnya hanya berlaku untuk bola di garis gawang, bukan di garis lainnya.

    The Athletic mengungkapkan bahwa FIFA belum merilis gambar yang menunjukkan bola masih berkaitan dengan garis lapangan sehingga bola dianggap belum keluar.

    Gol Ao Tanaka itu sekaligus menjadi gol kemenangan Jepang atas Spanyol 2-1 dalam matchday terakhir Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Al Rayyan pada Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

    5 dari 8 halaman

    Jerman Tersingkir

    Kemenangan Jepang atas Spanyol membuat Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2022 meski berhasil menghajar Kosta Rika 4-2 di Al Bayt Stadium, Al Khor pada hari dan jam yang sama.

    Jepang mampu menjadi juara Grup E Piala Dunia 2022 dengan enam poin, disusul Spanyol di peringkat kedua lewat empat angka. Sementara, Jerman berada di posisi ketiga dengan empat poin, namun kalah selisih gol dari Spanyol.

    6 dari 8 halaman

    Angle Bola dari Atas

    7 dari 8 halaman

    Piala Dunia 2022 di Emtek Group

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

    8 dari 8 halaman

    Klasemen Akhir Grup E Piala Dunia 2022

    Video Populer

    Foto Populer