Sukses


    Tersingkir dari Piala Dunia 2022 Jadi Karier Terburuk Joshua Kimmich bersama Timnas Jerman

    Bola.com, Doha - Gelandang Jerman, Joshua Kimmich meratapi kegagalan timnya melaju jauh di Piala Dunia 2022. Tim berjulukan Der Panzer berhasil raih kemenangan di laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

    Bertanding melawan Kosta Rika di Al Bayt Stadium, Der Panzer kalahkan sang lawan dengan skor 4-2. Tapi kemenangan itu tidak ada gunanya karena Jerman tetap tersingkir dari Piala Dunia 2022.

    Hasil tersebut seolah menjadi hambar sebab Timnas Jerman dipastikan tersingkir dari Qatar akibat kalah selisih gol atas Spanyol. Seusai laga, Joshua Kimmich tak kuasa luapkan emosinya ketika mengetahui Der Panzer harus angkat koper lebih dini.

    Bagi Joshua Kimmich, hari ini menjadi momen terburuk dalam kariernya. Ia juga mengatakan bahwa seluruh rekan-rekannya serta para staf pelatih Timnas Jerman begitu terpuruk setelah mengetahui mereka gagal lolos ke babak selanjutnya.

    "Bagi saya pribadi, ini adalah hari terburuk dalam karir saya. Saya khawatir saya akan jatuh ke dalam lubang. Itu membuat Anda berpikir kegagalan ini terkait dengan pribadi saya," kata Joshua Kimmich seperti dilansir dari laman L'Equipe.

    2 dari 5 halaman

    Ulangi Kegagalan

    Timnas Jerman mengulang prestasi sebelumnya di ajang Piala Dunia 2018. Kala itu, Der Panzer berstatus sebagai tim juara bertahan juga terhenti di fase grup. Kemudian, mereka juga babak belur di ajang Euro 2020 usai tersingkir di babak 16 besar.

    Kegagalan demi kegagalan dalam kurun empat tahun terakhir, membuat Kimmich frustasi. Menurutnya, hasil pahit tersebut menjadi salah satu hari terkelam selama ia menjadi pesepakbola profesional.

    “Ini jelas merupakan hari tersulit dalam karier saya. Kali kedua tersingkir di Piala Dunia, di antaranya kami menjalani Euro, di mana kami tersingkir lebih awal. Itu pahit dan ada banyak peluang yang terlewatkan dalam empat tahun terakhir."

    3 dari 5 halaman

    Tanggung Jawab Bersama

    Kemudian, Kimmich juga mengatakan bahwa hasil pahit Jerman di Piala Dunia 2022 adalah kegagalan secara kolektif. Tentunya, ia mengatakan meminta maaf kepada para penggemar tidaklah cukup. Ia menuntut untuk segera terjadi perbaikan secara keseluruhan bagi sepak bola Jerman.

    "Kami hanya tidak berhasil melakukan yang terbaik sebagai grup, atau mungkin secara individu. Kami harus mempertanyakan apa alasannya dan setiap orang harus bercermin dan mengatakan pada diri sendiri bahwa itu tidak cukup."

    “Tentu saja, sebagai Jerman, kami harus memiliki aspirasi yang berbeda, jadi kami harus melihat diri kami dengan baik di masa depan," pungkasnya.

    Sumber: L’Equipe

    Disadur dari: Bola.net (Yoga Radyan/Asad Arifin, published 2/12/2022)

    4 dari 5 halaman

    Klasemen Akhir Grup E Piala Dunia 2022

    5 dari 5 halaman

    Liputan Eksklusif Bola.com Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer