Sukses


    4 Hal di Qatar Justru Lebih Murah ketimbang Indonesia: Dari Harga Bensin sampai No Pajak

    Laporan Ade Yusuf Satria dan Hendry Wibowo dari Qatar

    Urusan biaya hidup, Qatar dipastikan lebih mahal ketimbang Indonesia. Karena nilai kurs rupiah terhadap QR saja sekitar Rp4 ribu per 1 QR. 

    Pengalaman selama kami meliput Piala Dunia 2022, untuk sekali makan di Qatar paling standart harus merogoh kocek sekitar 15-30 QR.

    Namun hampir dua pekan kami di Qatar, mulai menemukan beberapa hal di Qatar justru lebih murah ketimbang Indonesia. Apa saja? Yuk baca terus artikelnya. 

    1. Bensin 

    Bola.com terkaget-kaget ketika mengetahui harga bahan bakar di negara ini. Ternyata untuk Ron tertinggi tidak sampai Rp10 ribu.

    "Jadi ada bensin Ron 91 dan Ron 95 di Qatar. Kalau Ron 91 itu harga per liter 2 Qatar Riyal. Sedangkan Ron 95 itu 2,10 Qatar Riyal per liter," kata salah satu WNI yang tinggal di Qatar.

    2 dari 5 halaman

    Rp9 Ribu Per Liter

    Artinya bila dikonversikan ke rupiah, maka bensin dengan Ron 95 di Qatar hanya sekitar Rp 9 ribu. Harga bensin jenis solar di Qatar pun cuma 2,05 Qatar Riyal.

    Harga bahan bakar di Qatar ini biasanya diumumkan setiap bulannya, harga yang disebutkan di atas adalah harga untuk periode bulan November 2022.

    Berdasarkan pengamatan, harga bahan bakar tersebut cenderung stabil dengan fluktuasi yang relatif kecil setiap bulannya.

    3 dari 5 halaman

    2. Harga Mobil

    Menurut obrolan kami dengan WNI yang tinggal di Qatar, Fahmi, harga kendaraan di Qatar memang jauh lebih murah ketimbang Indonesia. 

    Beberapa harga bahkan hampir setengah lebih murah ketimbang Qatar. Salah satu penyebab hal ini lantaran tidak ada pajak yang dibebankan pemerintah Qatar. 

    "Contohnya mobil Mazda CX9, yang saya tahu di Indonesia harganya itu sekitar Rp900 jutaan. Kalau di Qatar itu 500-600 jutaan," kisah Fahmi. 

    4 dari 5 halaman

    3 dan 4: Tanpa Pajak dan Parkir Gratis

    Dua hal lain yang membuat Indonesia layak takjub dengan Qatar adalah bebasnya pajak dan parkir gratis. Bebas pajak ini berlaku untuk semua sektor. 

    Pengalaman kami berbelanja di supermarket sampai restoran memang benar-benar tanpa ada biaya tambahan pajak. 

    Lalu parkir di tempat publik juga gratis. Meski pada gelaran Piala Dunia 2022 ada beberapa kantong parkir yang diharuskan bayar. 

     

    5 dari 5 halaman

    Laporan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer