Sukses


    Tangis Luis Suarez dan Pemain Uruguay Setelah Menang tapi Gagal ke 16 Besar Piala Dunia 2022

    Bola.com, Jakarta - Timnas Uruguay harus menangis setelah kemenangan 2-0 yang mereka raih atas Ghana dalam laga terakhir Grup H Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022). Luis Suarez dkk. tak bisa menutupi kesedihan setelah tiket 16 besar Piala Dunia 2022 di depan mata lenyap pada 9 menit akhir pertandingan.

    Timnas Uruguay berhasil meraih keunggulan 2-0 atas Ghana pada babak pertama. Giorgian de Arrascaeta mencetak brace pada menit ke-26 dan 32'.

    Keunggulan dua gol tersebut membuat Uruguay terdepan untuk mendapatkan tiket ke-16 besar Piala Dunia 2022 menemani Portugal yang sudah memastikan diri lolos setelah meraih kemenangan dalam dua laga sebelumnya. Pada laga lain di Grup H saat itu, Korea Selatan dan Portugal tengah bermain imbang 1-1.

    Namun, ketika laga antara Ghana dan Uruguay memasuki menit ke-89, situasi menjadi penuh drama. Korea Selatan berhasil mencetak gol ke gawang Portugal pada menit ke-91+1 dan membuat kedudukan menjadi 2-1.

    Kedudukan 2-1 itu membuat Korea Selatan menjadi yang terdepan untuk meraih satu tiket tersisa menuju 16 besar Piala Dunia 2022. Korea dan Uruguay sama-sama mengemas empat poin, membuat Ghana menjadi turun ke posisi keempat.

    Tak hanya jumlah poin yang sama antara Korea Selatan dan Uruguay, selisih gol kedua tim pun sama, yaitu 0. Hanya saja Korea Selatan menjadi yang terdepan karena mereka unggul produktivitas gol, yaitu 4 gol berbanding Uruguay yang hanya 2 gol.

    Saat Korea Selatan meraih keunggulan, pertandingan terakhir fase grup Piala Dunia 2022 antara Ghana dan Uruguay baru memasuki menit ke-89 dan mendapatkan tambahan waktu selama 8 menit pada masa injury time. Raut wajah pemain Uruguay dan para suporternya pun berubah.

    2 dari 5 halaman

    9 Menit yang Begitu Cepat, Luis Suarez Cemas di Bangku Cadangan

    Keunggulan Korea Selatan pada menit akhir pertandingan membuat Uruguay cemas. Tiket 16 besar Piala Dunia 2022 yang sudah di depan mata lenyap seketika dan harus mereka kejar dalam satu menit akhir plus 8 menit tambahan waktu.

    Luis Suarez yang sudah keluar lapangan dan digantikan oleh Edinson Cavani pada babak kedua tampak tak kuasa menahan air mata. Mantan striker Liverpool dan Barcelona itu tampak sangat cemas dengan peluang timnya untuk bertahan di Piala Dunia 2022.

    Luis Suarez bahkan beberapa kali tampak maju ke area teknis pelatih untuk memberikan dukungan semangat dan instruksi kepada rekan-rekannya di lapangan.

    Bahkan sebuah peluang didapatkan oleh Edinson Cavani pada masa injury time. Sayang tandukan kepalanya yang keras masih bisa ditepis oleh kiper Ghana, Lawrence Ati-Zigi.

    Memasuki menit akhir masa injury time, Uruguay mendapatkan kesempatan tendangan bebas dari jarak yang cukup memungkinkan untuk bisa mendapatkan gol. Sayang, sepakan Nicolas de la Cruz mampu ditangkap dengan baik oleh Lawrence Ati-Zigi.

    3 dari 5 halaman

    Pertandingan Berakhir, Uruguay Menangis dalam Kemenangan

    Tangkapan kiper Ghana itu membuat wasit pun meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Uruguay pun gagal melangkah ke 16 besar Piala Dunia 2022 meski berhasil meraih kemenangan dalam laga terakhir mereka di Grup H Piala Dunia 2022.

    Beberapa pemain Uruguay merespons situasi tersebut dengan mendamprat wasit yang memimpin pertandingan. Tampak Edinson Cavani dan Jose Gimenez memprotes kepemimpinan wasit yang berdampak dengan keluarnya kartu kuning pada akhir laga tersebut.

    Darwin Nunez tampak tak kuasa menahan kekecewaan. Mathias Olivera pun dipeluk oleh kiper senior Uruguay, Fernando Muslera, karena kekecewaan yang mereka rasakan.

    Luis Suarez kembali masuk ke lapangan untuk menghampiri teman-temannya dengan langkah yang begitu lemas. Uruguay harus pulang dengan kekecewaan yang luar biasa karena menggantungkan nasib kepada pertandingan lain.

    4 dari 5 halaman

    Akhir Persaingan Grup H Piala Dunia 2022

    5 dari 5 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    Video Populer

    Foto Populer