Sukses


    5 Fakta Menarik yang Terjadi Selama Penyisihan Grup Piala Dunia 2022: Tidak Ada Tim Sempurna dan Penuh Kejutan

    Bola.com, Jakarta - Seluruh tim peserta Piala Dunia 2022 telah melakoni seluruh pertandingan di fase grup. Grup A, Grup B, Grup C, Grup D, Grup E, Grup F, Grup G, dan Grup H sudah merampungkan laga-laga fase grup.

    Hingga akhirnya lengkap sudah 16 tim yang menyegel tiket ke babak 16 besar. Swiss menjadi tim terakhir yang lolos ke babak gugur.

    Prancis menjadi tim pertama yang memastikan diri lolos ke babak gugur Piala Dunia 2022. Les Bleus meraih dua kemenangan beruntun di Grup D.

    Setelah itu ada Brasil dan Portugal. Kedua tim juga ikut menjejakkan langkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, setelah mengemas dua kemenangan beruntun dan baru saja dikalahkan Kamerun.

    Tim-tim terbaru yang lolos salah satunya adalah Korea Selatan dan Swiss. Berbicara Piala Dunia 2022, tidak ada salahnya membahas fakta menarik yang terjadi selama penyisihan grup.

    Berikut ini sejumlah fakta menarik yang terjadi selama babak penyisihan grup di Piala Dunia 2022.

    2 dari 7 halaman

    Tidak Ada Tim yang Raih 100 Persen Kemenangan

    16 negara peserta sudah memastikan diri lolos ke babak gugur. Menariknya, tidak ada tim yang mampu meraih 100 persen kemenangan selama babak penyisihan grup.

    Menurut data dari Squaqka, turnamen di Qatar kali ini merupakan Piala Dunia pertama yang tidak terdapat tim dengan meraih tiga kemenanagn selama fase grup setelah edisi 1994 di Amerika Serikat.

    3 dari 7 halaman

    Pemain Tertua

    Selama babak penyisihan grup Piala Dunia 2022, terdapat tiga pemain berstatus tertua yang tampil. Mereka adalah Atiba Hutchinson (Kanada), Pepe (Portugal), dan Dani Alvez (Brasil).

    Hanya Pepe dan Dani Alves yang berpeluang menambah caps-nya di Piala Dunia 2022, sebab negara kedua pemain memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

    4 dari 7 halaman

    3 Wakil Asia

    Piala Dunia 2022 menjadi istimewa bagi wakil Asia. Untuk pertama kalinya, ada tiga wakil Asia secara bersamaan dalam satu Piala Dunia lolos ke babak gugur.

    Pada Piala Dunia 2022 Asia memiliki enam wakil yakni Australia, Qatar, Iran, Arab Saudi, Jepang, dan Korea Selatan. Dari enam wakil itu, Australia, Jepang, dan Korea Selatan lolos ke babak gugur alias mulai babak 16 besar. Australia lolos ke babak 16 besar setelah menjadi runner up grup D.

    5 dari 7 halaman

    Rekor Brasil Tercoreng

    Brasil keluar sebagai juara grup G Piala Dunia 2022 meski menelan kekalahan pada laga pamungkas babak penyisihan grup. Tim Samba kalah tipis 0-1 dari Kamerun di Lusail Stadium, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB.

    Kekalahan kali ini membuat posisi Brasil tetap berada di urutan pertama grup G dengan nilai enam, hasil dua kali menang dan sekali kalah. Di sisi lain, rekor milik Brasil juga ternoda atas kekalahan dari Kamerun ini.

    Dalam delapan kali pertemuan terakhir melawan tim dari Afrika, Brasil selalu meraih tujuh kemenangan beruntun sebelum akhirnya tumbang di tangan Kamerun.

    6 dari 7 halaman

    Jerman Kembali Pulang Lebih Awal

    Sepak terjang Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 benar-benar mengecewakan. Alih-alih menjadi penantang gelar, Jerman malah langsung angkat koper di fase grup. Pencapaian kali ini mengulang kembali catatan seperti pada edisi Rusia empat tahun lalu.

    Timnas Jerman dipastikan terdepak meskipun menang 4-2 atas Kosta Rika pada laga terakhir Grup E, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.  Jerman hanya finis ketiga di Grup E di belakang Jepang dan Spanyol. Jerman dan Spanyol sama-sama mengoleksi empat poin, namun Der Panzer kalah selisih gol.

    Kegagalan tersebut juga menjadi noda buruk dalam sepak terjang Timnas Jerman di Piala Dunia, sepanjang 92 tahun terakhir. 

    Sumber: Squawka

    7 dari 7 halaman

    Liputan Eksklusif Bola.com Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer