Sukses


    Kisah Vincent Aboubakar: Dari Koyak Gawang Timnas Indonesia di Gelora Delta Sidoarjo hingga Ayam-ayamin Brasil di Piala Dunia 2022

    Bola.com, Doha - Pada 2015, Vincent Aboubakar masih bermain di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo untuk membela Timnas Kamerun melawan Timnas Indonesia. Tujuh tahun berselang, penyerang berusia 30 tahun itu mengoyak gawang Timnas Brasil di Piala Dunia 2022.

    Vincent Aboubakar membuat Kamerun tersingkir dengan kepala tegak di Piala Dunia 2022. Dia membawa tim berjulukan The Indomitable Lions itu meraih kemenangan bersejarah atas Brasil.

    Kamerun berhasil mempermalukan Brasil 1-0 dalam partai terakhir Grup G Piala Dunia 2022 pada Sabtu (3/12/2022) di Lusail Iconic Stadium, Lusail.

    Gol tunggal Kamerun dibuat oleh Vincent Aboubakar melalui sundulan ciamik pada menit ke-90+2 setelah memanfaatkan umpan silang terukur dari Jerome Mbekeli.

    2 dari 8 halaman

    Dikartu Merah

    Namun, Vincent Aboubakar harus diusir keluar oleh wasit Ismail Elfath akibat berselebrasi membuka baju sehingga berujung kartu kuning kedua dan kartu merah.

    Sebelumnya, Vincent Aboubakar telah mengantungi kartu kuning pertama pada menit ke-81.

    Vincent Aboubakar mengantar Kamerun menjadi satu-satunya negara Afrika yang dapat mengalahkan Brasil sepanjang sejarah Piala Dunia.

    3 dari 8 halaman

    Samai Zinedine Zidane

    Selain itu, Vincent Aboubakar juga menjadi pemain pertama yang mencetak gol dan dikartu merah dalam partai yang sama di Piala Dunia setelah Zinedine Zidane pada edisi 2006.

    Kamerun tersingkir dengan kepala tegak di Piala Dunia 2022 seusai menutup klasemen akhir Grup G di peringkat ketiga dengan empat poin, terpaut dua angka dari Brasil di puncak dan Swiss di posisi kedua.

    Vincent Aboubakar bukan penyerang sembarangan. Sebelum bermain untuk Al Nassr di Piala Dunia 2022, ia sempat melanglang buana di Eropa dengan membela FC Porto hingga Besiktas.

    4 dari 8 halaman

    Tajam di FC Porto dan Besiktas

    Total, Vincent Aboubakar membukukan 93 gol dari dari 192 penampilannya untuk FC Porto dan Besiktas dalam tujuh tahun.

    Vincent Aboubakar juga sudah beraksi 95 kali dan mencatatkan 35 gol untuk Kamerun sejak 2010, termasuk ketika melawan Timnas Indonesia pada 2015.

    5 dari 8 halaman

    Koyak Gawang Timnas Indonesia

    Vincent Aboubakar mencetak gol kemenangan Kamerun atas Timnas Indonesia 1-0 dalam partai uji coba pada 25 Maret 2015 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

    Ketika itu, Timnas Indonesia masih diperkuat oleh Cristian Gonzales, Boaz Solossa, Zulham Zamrun, Hariono, hingga Raphael Maitimo dan dilatih Benny Dollo.

    6 dari 8 halaman

    Sejajarkan Diri dengan Mohamed Salah

    Sebelum Piala Dunia 2022, Vincent Aboubakar sempat menyamakan dirinya dengan penyerang Mohamed Salah. Bedanya, ia tidak mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi bersama klub besar.

    “Saya tidak terkesan dengan dia. Saya bisa melakukan apa yang dia lakukan. Saya hanya tidak memiliki kesempatan untuk bermain di klub besar," imbuh Vincent Aboubakar dinukil dari Express.

    7 dari 8 halaman

    Piala Dunia 2022 di Emtek Group

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

    8 dari 8 halaman

    Posisi Kamerun di Piala Dunia 2022

    Video Populer

    Foto Populer