Sukses


    Laporan dari Piala Dunia 2022: Cerita Orang Indonesia yang Punya 3 Cabang Restoran di Qatar, Semua Berawal dari Tahu

    Laporan Langsung Ade Yusuf Satria dan Hendry Wibowo dari Qatar

    Buat sukses di negara orang tidak melulu harus bekerja. Dengan membuka usaha seperti restoran ternyata Anda bisa juga merasakan sukses.

    Hal di atas dilakukan WNI yang tinggal di Qatar, Ani Susanti. Pada sela-sela meliput Piala Dunia 2022, kami bertemu wanita asal Garut ini di restoran miliknya, Tofu and Cake.

    Hebatnya Ani Susanti sudah punya tiga cabang di seantero Qatar ini. "Buka kali pertama di Doha tahun 2011. Lalu yang kedua tahun 2015 di Barwa Village," kata Ani Susanti.

    "Tahun 2019, saya buka lagi cabang di Souq Al Wakra," lanjutnya. Namun siapa sangka, kisah awal sukses dari wanita sempat bekerja sebagai guru di Indonesia ini berawal dari tahu.

    2 dari 5 halaman

    Berawal dari Tahu

    Kisah awal Tofu and Cake dimulai saat bapak mertua dari Ani Susanti ikut ke Qatar. Saat itu sang ayah mertua memang punya background seorang pembuat tahu.

    "Jadi awalnya ayah mertua itu susah cari tahu di Qatar. Akhirnya ia buat sendiri. Kemudian perlahan-lahan mulai banyak WNI yang pesan tahu dari kami," kisah Ani Susanti.

    Ani Susanti sendiri sebelumnya cuma menjual menu makanan serba tahu. Dari batagor, siomay dan kupat tahu. Karena menurutnya camilan seperti di atas susah dicari di Qatar.

    "Sejak restoran pertama berdiri 2011, menunya perlahan bertambah. Karena banyak permintaan, kami akhirnya buka cabang," ujar Ani Susanti.

    3 dari 5 halaman

    Lengkap

    Pantauan Bola.com saat datang ke Tofu and Cake, jenis makanan yang dijual sangat beragam. Bukan cuma menjual makanan matang, Ani juga menyediakan beragam kue basah, cendol sampai aneka kerupuk. 

    "Soal bahan, kami beli di supermarket yang khusus menjual bahan makanan Indonesia di Qatar. Pilihannya ada di Bandung Food Center atau Qatindo (Qatar-Indonesia Supermarket)," kata Ani. 

    Namun untuk urusan tahu, Tofu and Cake jadi tempat penjual terbesar di Qatar. "Karena buat restoran yang menyediakan menu tahu, maka membelinya di tempat kami," lanjutnya. 

     

    4 dari 5 halaman

    Omzet

    Urusan omzet, Tofu and Cake sempat tembus 2 ribu sampai 3 ribu QR untuk satu restoran. Artinya untuk tiga toko, pendapatan restoran bisa mencapai Rp24 juta sehari. 

    "Tapi itu pemasukan sebelum COVID-19. Saat awal COVID-19, penjualan sempat lesu. Tapi sekarang mulai merangkak naik lagi," ujar Ani. 

    Sukses terus buat Ani dan Tofu and Cake..

    5 dari 5 halaman

    Laporan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer