Sukses


    Piala Dunia 2022: Didier Deschamps Semprot Jules Kounde yang Ceroboh Pakai Kalung saat Prancis Depak Polandia

    Bola.com, Doha - Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, kesal bukan kepalang terhadap ulah Jules Kounde yang nekat memakai kalung saat laga kontra Polandia di 16 besar Piala Dunia 2022, Minggu (4/12/2022). 

    Tingkah Jules Kounde baru ketahuan beberapa menit sebelum babak pertama berakhir, tepatnya pada menit ke-42. Wasit Valenzuela Saez langsung menyuruhnya melepas kalung tersebut. 

    Kounde melepas kalung tersebut di pinggir lapangan, dibantu salah satu staf pelatih Timnas Prancis. Setelah itu, pertandingan berlanjut dan akhirnya Prancis menang 3-1 atas Polandia. 

    Di tengah kegembiraan Prancis melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022, Didier Deschamps ternyata menyimpan kekesalan. Dia sama sekali tidak terkesan dengan ulah Jules Kounde. 

    Seperti apa komentar Deschamps atas tindakan ceroboh Jules Kounde tersebut?  

    2 dari 5 halaman

    Jules Kounde Percaya Takhayul?

    "Dia tidak punya hak. Saya tidak tahu apa yang dia pada di lehernya. Saya tahu Jules memiliki sedikit kepercayaan terhadap takhayul. Dia juga memakainya saat berlatih," kata Deschamps pada sesi konferensi pers setelah pertandingan, seperti dikutip Mirror

    "Saya tidak tahu artinya. Saya bahkan bilang kepadanya, 'kamu beruntung tidak berada di depan saya, jika tidak...'." 

    "Wasit memberi tahu kami apa yang terjadi setelah pertandingan harus dihentikan sejenak. Pemain tidak diizinkan memakai gelang atau kalung. Mereka juga tidak boleh memakai jam atau kacamata. Itu tidak diizinkan. Saya pikir dia sudah melepasnya, tetapi ternyata tidak," sergah pelatih berusia 54 tahun itu. 

      

     

    3 dari 5 halaman

    Dipakai Sejak Menit Pertama

    Usut punya usut, kalung emas itu telah melilit di leher Jules Kounde sejak peluit babak pertama dibunyikan oleh wasit Jesus Valenzuela.

    "Saat Jules Kounde akan melakukan lemparan ke dalam, asisten wasit melihatnya menggunakan kalung emas dan memintanya untuk melepaskannya," tulis media Inggris, Express.

    Akibat memakai kalung emas itu ketika bertanding, Jules Kounde terancam sanksi FIFA. Mengapa demikian?

    Express mengulas bahwa FIFA melarang pemain mengenakan perhiasan apa pun saat bermain. Wasit juga biasanya memeriksa setiap pemain untuk mengikuti aturan tersebut sebelum partai dimulai.

    "Jadi, masih harus dilihat apakah Jules Kound akan mendapatkan sanksi dari FIFA setelah pertandingan," ujar Express

     

    4 dari 5 halaman

    Terancam Sanksi FIFA

    Mengacu kepada aturan International Football Association Board (IFAB) Bab 4 tentang Peralatan Pemain, tertulis apa saja yang tidak boleh dipakai pemain ketika bertanding.

    "Semua barang perhiasan termasuk kalung, cincin, gelang, anting, gelang kulit, hingga karet gelang dilarang dan harus dilepas. Menggunakan selotip untuk menutupi perhiasan tidak diizinkan," papar IFAB. 

    Sumber: Mirror, Express

    5 dari 5 halaman

    Nikmati Sajian Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer