Sukses


    Hajime Moriyasu Setelah Jepang Tersingkir dari Piala Dunia 2022: Membungkuk, Minta Maaf di Tengah Lapangan

    Bola.com, Al Wakrah - Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, membungkuk di tengah lapangan, setelah timnya tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

    Jepang kalah lewat adu penalti dari Kroasia dengan skor 1-3 (1-1) di Al Janoub Stadium, Senin (5/12/2022). Setelah bermain ngotot pada waktu normal, bahkan unggul terlebih dahulu, Jepang malah melempem dalam adu penalti.

    Parahnya, dua penendang pertama Jepang, Takumi Minamino dan Kaoru Mitoma langsung gagal. 

    Kroasia, yang memang jagonya adu penalti, menunjukkan kebolehan mereka. Dalam dua adu penalti sebelumnya di Piala Dunia 2018, Kroasia menang terus.

    Jepang pun tersingkir. Para pemain tertunduk lesu, beberapa di antara mereka menangis, termasuk Minamino.

    2 dari 5 halaman

    Minta Maaf dengan Tulus

    Setelah pertandingan, sang pelatih membukuk di tengah lapangan.

    Budaya ini disebut dengan Ojigi. Ini adalah kultur dalam masyarakat Asia Timur, terutama Jepang dan Korea. Mereka menggunakan gestur itu untuk berbagai ungkapan, yakni menyapa, terima kasih, dan meminta maaf.

    Dalam budaya meminta maaf secara resmi, orang-orang Jepang juga melakukan ojigi. Mereka meminta maaf di depan publik, mengungkapkannya dengan jantan dan tulus.

    3 dari 5 halaman

    Target Meleset

    Moriyasu meminta maaf karena gagal mencapai target. Seperti diketahui, Jepang membidik delapan besar di Piala Dunia 2022. Ini belum pernah dicapai oleh mereka.

    Dalam situs resmi JFA, federasi sepak bola Jepang telah menyusun rencana dan target dalam setiap tahun.

    Target 2022 adalah 8 besar Piala Dunia 2022. Tapi, semua sudah terjadi. Kroasia terlalu tangguh untuk ditaklukkan lewat adu penalti.

    4 dari 5 halaman

    Kutukan Tim Penendang Pertama

    Ada fakta menarik dalam tujuh pertandingan yang diwarnai adu penalti di Piala Dunia sejak 2014. Dalam tujuh laga, termasuk Jepang vs Kroasia, tim penendang pertama kalah.

     

    Jepang tampil sebagai penendang pertama. Eksekutor pertama mereka, Takumi Minamino, gagal. Sementara penendang pertama Kroasia, Nikola Vlasic, sukses.

    Jepang pun menjadi korban kutukan tersebut yang ketujuh setelah Kosta Rika, Belanda, Spanyol, Denmark, Kolombia, dan Rusia.

    5 dari 5 halaman

    Laporan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer