Sukses


    5 Hal Menarik dari Timnas Jepang di Piala Dunia 2022, Jadi Pelajaran Berharga

    Bola.com, Jakarta - Setelah menumbangkan dua raksasa Eropa, Jerman dan Spanyol, di fase penyisihan Grup, asa disematkan kepada Timnas Jepang agar mampu melangkah jauh di Piala Dunia 2022.

    Akan tetapi, fan Timnas Jepang dan masyarakat di Asia harus memupus asa itu. Langkah Jepang di Piala Dunia 2022 terhenti setelah kalah dari Kroasia dalam drama adu penalti di fase gugur atau 16 besar.

    Tim Samurai Biru bermain 1-1 di waktu normal, lalu takluk 1-3 di babak adu penalti.

    Kegagalan tersebut membuat kiprah Jepang di Piala Dunia, hingga edisi 2022 ini, selalu mentok di fase 16 besar. Sebelum di Piala Dunia 2022 ini, pada Piala Dunia 2002, 2010, dan 2018 langkah jepang juga terhenti di 16 besar.

    Meski begitu, Jepang telah meninggalkan rekam jejak bagus di Piala Dunia edisi kali ini. Kemenangan atas Jerman dan Spanyol menjadi sejarah yang akan selalu dikenang dalam jagat sepak bola dunia.

    Jepang dan fan setia mereka juga tak perlu terlalu kecewa, berkecil hati, patah semangat, dan menyesali kegagalan melangkah jauh di Piala Dunia 2022. Pasalnya, ada beberapa hal positif dari kiprah tim asuhan pelatih Hajime Moriyasu ini.

    Berikut ini lima hal menarik dari Timnas Jepang di Piala Dunia 2022, yang jadi pelajaran berharga, dilansir dari Kyodo, Selasa (6/12/2022).

    2 dari 8 halaman

    Jepang Tak Minder Gabung Grup Maut

    Perhatian insan sepak bola dunia tertuju pada Grup E setelah pengundian grup Piala Dunia 2022 dilakukan. Betapa tidak, Grup E dilabeli grup maut menyusul keberadaan Jerman, Spanyol, Kosta Rika, dan Jepang.

    Jepang, sebagai wakil Asia, bisa dibilang merupakan tim underdog. Namun, mereka menjungkalkan semua prediksi yang mengatakan mereka tak akan bisa banyak bicara di Piala Dunia 2022.

    Secara mengejutkan, Jepang mampu "membaur" dengan baik di grup maut ini. Tim Samurai Biru bahkan menumbangkan Jerman dan Spanyol, serta melenggang ke fase gugur dengan status juara grup.

    3 dari 8 halaman

    Tulang Punggung Timnas di Masa Depan Makin Matang

    Manajer Hajime Moriyasu membawa skuad yang masih tergolong kurang berpengalaman, di mana 19 dari 26 pemain adalah pemain debutan Piala Dunia, tetapi beberapa pemain debutan berhasil menunjukkan kemampuannya di Piala Dunia 2022.

    Ritsu Doan mencetak gol dalam dua kemenangan comeback 2-1 yang menggemparkan saat melawan Jerman dan Spanyol, sementara Kaoru Mitoma tampak seperti pengubah permainan setiap kali ia masuk ke lapangan.

    Bersama dengan Ao Tanaka, yang mencetak gol kemenangan melawan Spanyol, Takehiro Tomiyasu dan bintang muda Takefusa Kubo, Jepang memiliki pemain-pemain muda yang begitu menjanjikan untuk disiapkan untuk Piala Dunia edisi berikutnya.

    4 dari 8 halaman

    Kemampuan Eksekusi Penalti adalah yang Terpenting

    Baik Kroasia dan Jepang yang berlaga di babak 16 besar mengetahui bahwa drama adu penalti dapat mewujudkan atau menghancurkan impian mereka di Piala Dunia.

    Melihat ke belakang, kiprah Jepang di Piala Dunia 2010 berakhir lewat drama adu penalti melawan Paraguay di babak 16 besar, sementara Kroasia memenangkan kedua adu penalti mereka hingga mencapai final di Rusia empat tahun lalu.

    Kroasia mempertahankan rekor sempurna mereka dalam drama adu penalti setelah berhasil mengalahkan Samurai Biru, yang sukses menaklukkan tiga dari empat eksekusi ke gawang Dominik Livakovic.

    5 dari 8 halaman

    Moriyasu Boleh Dikatakan Masih Tepat untuk Memimpin Timnas Jepang

    Pelatih Timnas Jepang satu ini mungkin tidak memiliki karisma atau kemampuan berkomunikasi yang oke dengan media seperti beberapa rekan seprofesinya.

    Namun, Hajime Moriyasu telah menunjukkan berbagai kejelian dalam merancang kemenangan bersejarah atas Jerman dan Spanyol, serta hampir saja menumbangkan Kroasia.

    Rumor yang beredar bahwa Hajime Moriyasu mungkin akan digantikan oleh Marcelo Bielsa, tetapi Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) tidak menutup kemungkinan untuk mempertahankan pelatih berusia 54 tahun itu.

    Di Qatar, para pemain memahami betul segala rencana dan program yang dibuatnya sehingga memberinya kesempatan untuk meneruskannya ke Piala Dunia berikutnya adalah pilihan tepat, seandainya ia masih memiliki kesempatan.

    6 dari 8 halaman

    Stok Pemain dari J-League Menumpuk

    Meski skuad Jepang saat ini tampak bergantung kepada pemain yang berkiprah di kompetisi di Eropa, nyatanya pemain "lokal" Jepang juga mampu bersaing dengan para pemain terbaik dunia.

    Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale) tampil kukuh ketika dimainkan sebagai bek tengah, sementara kiper Shimizu S-Pulse, Shuichi Gonda, mampu menunjukkan performa yang memukau saat menghadapi tim sekuat Jerman.

    Sementara Yuto Nagatomo dan Hiroki Sakai yang baru saja kembali ke J-League dari Eropa, mereka mampu menunjukkan jika kepindahan tersebut bukanlah langkah mundur dalam hal karier internasional mereka.

     

    Sumber: Kyodo

    7 dari 8 halaman

    Posisi Jepang di Penyisihan Grup

    8 dari 8 halaman

    Liputan Khusus Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer