Sukses


    Zlatko Dalic Tak Pernah Bermimpi Bisa Bawa Kroasia Melangkah Jauh dalam 2 Edisi Piala Dunia

    Bola.com, Jakarta - Timnas Kroasia berhadapan dengan Argentina di semifinal Piala Dunia 2022 pada Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. Ini menjadi kali kedua Kroasia tampil di semifinal Piala Dunia setelah yang pertama pada 2018.

    Kroasia bertemu dengan Inggris di semifinal Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia. Kala itu Kraosia bahkan menang 2-1 atas The Three Lions lewat babak extra time untuk lolos ke pertandingan puncak.

    Namun, di balik prestasi gemilang Kroasia dalam dua edisi Piala Dunia terakhir, ada sosok rendah hati yang memberikan kontribusi besar terhadap keberhasilan tim berjulukan Vatreni itu, yaitu Zlatko Dalic.

    Pelatih berusia 56 tahun itu bahkan begitu rendah hati ketika bicara keberhasilan Kroasia melangkah jauh di Piala Dunia 2018 dan 2022.

    "Jujur, saya tidak bisa membayangkan akan sejauh ini, menjadi pelatih kepala Kroasia di dua edisi Piala Dunia, saya memimpin Kroasia di semifinal dan final," ujra Zlatko Dalic seperti dikutip dari Fotmob.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 6 halaman

    Dua Laga Terbaik Kroasia

    Zlatko Dalic memulai perjalanannya bersama Timnas Kroasia pada Oktober 2017.

    Sejak saat itu hingga sekarang, Dalic telah memimpin Kroasia dalam 68 pertandingan dengan pencapaian luar biasa. Tentu yang terbaik adalah mencapai semifinal dalam dua edisi Piala Dunia secara berturut-turut.

    Dari 68 laga tersebut, Zlatko Dalic menilai hanya ada dua laga terbaik yang dijalani Kroasia di bawah pimpinannya sejauh ini. Dua laga itu adalah semifinal Piala Dunia 2018 melawan Inggris dan perempat final Piala Dunia 2022 melawan Brasil.

    "Bagi saya, semifinal melawan Inggris adalah pertandingan terbesar sepanjang masa dan Brasil adalah yang kedua," ujar Dalic.

    3 dari 6 halaman

    Laga Kontra Argentina Jadi yang Ketiga

    Langkah Kroasia di bawah asuhan Zlatko Dalic di Piala Dunia 2022 masih berlanjut dengan menghadapi Argentina di semifinal yang digelar Rabu (14/12/2022) dini hari WIB.

    Dalic merasa laga tersebut akan menjadi yang terbaik ketiga baginya selama memimpin Timnas Kroasia.

    "Besok akan menjadi laga yang ketiga. Itu satu yang paling signifikan bagi kami. Setelah hanya empat tahun mengulang pencapaian seperti itu di panggung internasional dengan tim nasional baru adalah sukses besar," ujar Zlatko Dalic.

     

    4 dari 6 halaman

    Underdog Sejati

    Dalam turnamen sebesar Piala Dunia, label tim unggulan tidak selalu disematkan terhadap setiap tim yang ikut serta. Namun, ada label underdog bagi tim-tim yang memiliki kualitas menengah dengan potensi memberikan kejutan besar.

    Kroasia menjadi underdog tersukses dengan dua kali melaju hingga semifinal Piala Dunia. Meski diperkuat beberapa pemain bintang, Kroasia tetap akan menjadi underdog, mengingat tidak banyak yang menjagokan mereka di Piala Dunia.

    "Tidak ada yang menyangka Kroasia dalam empat tahun akan menjadi satu dari empat tim terbaik. Jadi harga diri saya tidak terbatas, setinggi langit," ujar Dalic.

    "Saya orang yang paling bahagia saat ini. Kami semua memiliki impian, dan impian saya adalah menjadi pelatih kepala Kroasia. Saya tidak pernah memimpikan ini. Jadi terima kasih kepada Tuhan untuk ini," lanjutnya.

    Sumber: Fotmob dan Transfermarkt

    Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby, published 13/12/2022)

    5 dari 6 halaman

    Perjalanan Kroasia di Piala Dunia 2022

    Fase Grup Piala Dunia 2022

    Maroko 0-0 Kroasia

    Kroasia 4-1 Kanada

    (Andrej Kramaric 36', 70', Marko Livaja 44', Lovro Majer 90'+4)

    Kroasia 0-0 Belgia

    16 Besar

    Jepang 1-1 Kroasia (pen 1-3)

    (Daizen Maeda 43' | Ivan Perisic 55')

    Perempat final

    Kroasia 1-1 Brasil (pen 4-2)

    (Bruno Petkovic 117' | Neymar 103')

    Semifinal

    Kroasia vs Argentina

    6 dari 6 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer