Sukses


    5 Faktor yang Bisa Bikin Argentina Juara Piala Dunia 2022: Bukan Hanya Dongeng soal Messi

    Bola.com, Jakarta - Timnas Argentina akan melawan Kroasia pada semifinal Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. Kedua tim bertekad merengkuh kemenangan demi meraih tiket ke final.

    Pemenang dalam laga nanti akan berhadapan dengan Prancis atau Maroko di partai puncak. Timnas Argentina sebelumnya menyingkirkan Belanda di perempat final.

    Misi Argentina untuk bisa menjuarai Piala Dunia 2022 tinggal dua langkah lagi. Yaitu menyingkirkan Kroasia dan memenangi partai punak pada akhir pekan nanti. Trofi edisi 2022 bakal mengakhiri puasa gelar sejak terakhir kali diraih pada 1986 di Meksiko.

    Timnas Argentina punya kans besar untuk mengamankan gelar juara Piala Dunia 2022, meski jalan masih sangat terjal. Sosok Lionel Messi tentu menjadi orang yang paling mendapat sorotan.

    Namun juga masih ada hal lain yang akan memperkuatnya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang akan membuat Argentina memenangi Piala Dunia 2022.

    2 dari 7 halaman

    1. Faktor Lionel Messi

    Kiprah Argentina hingga mampu melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 tidak bisa dipisahkan dengan sosok Lionel Messi. Ia adalah kapten tim sekaligus nyawa permainan dengan segudang pengalamannya.

    Ini akan menjadi Piala Dunia terakhir Messi, dan penampilannya sudah cukup untuk menjadikan Argentina sebagai pesaing utama. Secara kemampua, Messi jelas tidak seperti saat ia masih muda dan bertenaga. Tapi otaknya masih melihat hal-hal yang jauh lebih cepat dari pada manusia biasa dan kakinya masih dapat menjalankan visi itu dengan sempurna.

    Messi juga belum habis, lihat saja gol menakjubkan yang ia cetak ke gawang Meksiko di fase grup. Ia melakukannya lagi ketika melawan Australia, hingga assist tanpa melihat saat jumpa Belanda di perempat final.

    Statistik Messi di Qatar juga masih sangat oke. Dia sudah melepaskan 25 kali tembakan, empat di antaranya mengarah ke gawang, kemudian menciptakan 16 peluang, menorehkan dua assist, dan 11 kali dribelnya tuntas.

    3 dari 7 halaman

    2. Takdir Bakal Berpihak pada Argentina

    Argentina tinggal dua langkah lagi untuk kembali mengangkat trofi Piala Dunia 2022 dan seolah menjadi takdir tersendiri. Sebab ini kesempatan terakhir Messi untuk memenangkan Piala Dunia.

    Piala Dunia menjadi satu-satunya kehormatan besar belum hadir dalam kariernya, di mana dia memenangkan tujuh Ballon d'Or, empat trofi Liga Champions, 10 gelar La Liga dan Copa America.

    Cara dia membimbing tim yang solid membuat publik Argentina teringat pada kejayaan Albiceleste bersama Diego Maradona di tahun 1986. Lionel Messi beberapa waktu lalu berujar bahwa inilah saatnya Argentina menjadi yang terbaik di dunia dan menjadi penghargaan untuk sang legenda yang tutup usia dua tahun lalu.

    "Diego mengawasi kita dari surga. Dia mendorong kami dan saya sangat berharap ini tetap sama sampai akhir,” kata Messi usai Argentina menang atas Belanda di perempat final Piala Dunia 2022.

    4 dari 7 halaman

    3. Argentina Tim Favorit

    Argentina adalah tim dengan peringkat tertinggi yang tersisa di Piala Dunia 2022. Berada di urutan ketiga dalam Peringkat FIFA, atau satu tingkat di atas Prancis yang ikut masuk ke babak semifinal.

    Survei menempatkan Lionel Messi dkk. sebagai favorit untuk memenangkan Piala Dunia 2022. Argentina punya peluang 41 persen dibandingkan dengan 26 persen untuk Les Bleus.

    Di sisi lain, Argentina sebenarnya adalah tim paling kuat, kekalahan mengejutkan Argentina dari Arab Saudi pada partai perdana adalah satu-satunya kekalahan mereka dalam 41 pertandingan terakhir, terhitung sejak Juli 2019.

    5 dari 7 halaman

    4. Seperti Bermain di Kandang Sendiri

    Piala Dunia 2022 memang digelar di Qatar. Namun dengan lolosnya Argentina ke semifinal, sepertinya membuat mereka punya atmosfer bermain di kandang sendiri.

    Argentina mungkin adalah tim dengan dukungan terbaik yang tersisa di turnamen (dengan kemungkinan pengecualian Maroko). Penggemar mereka telah menciptakan beberapa atmosfer terbaik di Qatar.

    Invasi suporter berbaju biru-putih terlihat jelas di perempat final melawan Belanda. Jumlah mereka jauh lebih banyak daripada suporter Belanda. Atmosfer semacam ini bakal menjadi keuntungan tersendiri bagi tim Tango.

    6 dari 7 halaman

    5. Punya Taktik Fleksibel dan Mental Tangguh

    Pelatih Lionel Scaloni telah menunjukkan taktik dan strategi yang fleksibel selama mengarungi Piala Dunia 2022. Ia kerap membuat perubahan, baik dalam komposisi pemain maupun formasi di setiap pertandingannya.

    Sebagai contoh ketika Scaloni dengan berani memainkan skema tiga bek saat Argentina berjumpa Belanda di perempat final Piala Dunia 2022. Cara itu berdampak positif saat mereka unggul dua gol, sebelum disamakan lawan.

    Scaloni telah menggunakan formasi 4-4-2, 4-3-3 dan 3-5-2 dalam waktu lima pertandingan terakhir dan mampu disesuaikan para pemainnya dengan baik di lapangan.

    Sumber: FourFourTwo

    7 dari 7 halaman

    Nikmati Sajian Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer