Sukses


    Proses Naturalisasi 3 Pemain Keturunan untuk Memperkuat Timnas Indonesia U-20 Terus Berjalan: Semuanya dari Belanda

    Bola.com, Jakarta - Sepak bola Indonesia akan segera memiliki pemain naturalisasi lagi. Terbaru, ada nama Shayne Pattynama yang sudah resmi menjadi WNI.

    Pemain keturunan Belanda itu diproyeksikan untuk memperkuat Timnas Indonesia. Pattynama diperkirakan sudah bisa membela Tim Garuda saat menjalani laga pada FIFA Matchday, Maret mendatang.

    Proyek naturalisasi juga menyasar Timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023. Ada tiga nama pemain keturunan Belanda yang kini sedang menjalani proses tersebut.

    Mereka adalah Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner. Ketiganya diharapkan sudah bisa membela Timnas Indonesia U-20 pada Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia pada Mei mendatang.

    Kehadiran tiga nama baru tersebut semakin menambah panjang daftar pemain keturunan Belanda yang dinaturalisasi menjadi WNI. Termasuk ketiganya, sudah ada 15 nama pemain keturunan Belanda yang memutuskan memegang paspor Indonesia. 

    2 dari 4 halaman

    Terbanyak

    Sejauh ini sudah ada 38 pemain yang dinaturalisasi menjadi WNI. Mereka dinaturalisasi dengan berbagai alasan.

    Ada yang karena memang sudah berkeluarga dengan orang Indonesia. Ada pula yang mendapatkan naturalisasi karena kebutuhan Timnas Indonesia.

    Sejauh ini pemain keturunan Belanda menjadi pemain terbanyak yang dinaturalisasi dengan 15 nama. Termasuk Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick yang masih harus menjalani serangkaian proses.

    Kedekatan antara Indonesia dan Belanda secara historis memang memungkinkan hal itu. Di Negeri Kincir Angin, jumlah orang Indonesia mencapai jutaan.

    Banyak pula yang memutuskan untuk menikah dengan warga Belanda. Tak heran jika banyak lahir para pemain keturunan dua bangsa itu.

    3 dari 4 halaman

    Tak Semuanya Berkontribusi

    Stefano Lilipaly, Marc Klok, dan Raphael Maitimo bisa dikatakan sebagai pemain keturunan asal Belanda yang cukup berkontribusi apik di Timnas Indonesia.

    Namun, banyak pula pemain keturunan Belanda yang kontribusinya dipertanyakan. Misalnya apa yang terjadi pada Tonnie Cussell, Jhonny Van Beukering, dan Ruben Wuarbanaran.

    Dua nama pertama sempat memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2012. Namun, setelah itu mereka hilang dari radar.

    Ruben Wuarbanaran bahkan lebih parah. Ia sempat mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-23 yang akan tampil di SEA Games 2011. Namun, ia tidak masuk ke skuad final ajang itu.

    4 dari 4 halaman

    Daftar Lengkap Pemain Keturunan Belanda yang Dinaturalisasi

    1. Arnold van der Vin
    2. Tonnie Cusell
    3. Jhonny Van Beukering
    4. Ruben Wuarbanaran
    5. Diego Michiels
    6. Stefano Lilipaly
    7. Ezra Walian
    8. Sergio Van Dijk
    9. Raphael Maitimo
    10. Marc Klok
    11. Sandy Walsh
    12. Shayne Pattynama
    13. Justin Hubner*
    14. Rafael Struick*
    15. Ivar Jenner*

    *Masih dalam proses 

    Video Populer

    Foto Populer