Sukses


    Komisi III DPR RI Beri Lampu Hijau! Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner Selangkah Lagi Bela Timnas Indonesia U-20

    Bola.com, Jakarta - Komisi III DPR RI resmi memberikan restu dan rekomendasi pemberian kewarganegaraan untuk Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner. Restu ini membuat ketiganya selangkah lagi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan bisa membela Timnas Indonesia U-20.

    Restu dan rekomendasi dari Komisi III DPR RI diberikan pada Senin (20/3/2023) siang atau beberapa jam setelah Komisi X. Hasil itu didapat setelah Komisi III menggelar rapat kerja dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dan PSSI.

    Kemenkumham diwakili Direktur Jenderal Administrasi Hukum, Cahyo Rahadian Muzhar. Adapun Kemenpora diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga, Muhadjir Effendy.

    2 dari 4 halaman

    Selangkah Lagi

    Sementara itu, PSSI mengirimkan Wakil Ketua Umum Zainudin Amali dan Ratu Tisha serta Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Untuk pemain calon naturalisasi hanya Ivar Jenner yang hadir secara virtual.

    "Komisi III DPR RI menyetujui untuk memberikan kewarganegaraan Republik Indonesia kepada Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner untuk selanjutnya diproses dengan peraturan perundang-undangan," kata Pimpinan Sidang yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Khairul Saleh.

    Restu yang didapat ini membuat Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner tinggal selangkah lagi menjadi WNI. Selanjutnya, pembahasan naturalisasi ketiganya akan dibahas kembali pada Rapat Paripurna DPR RI ke-19, Selasa (21/3/2023) pagi WIB.

    3 dari 4 halaman

    Sesuai Kebutuhan

    Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, menyebut permintaan naturalisasi untuk Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner sudah sesuai kebutuhan Timnas Indonesia U-20 pada Piala Dunia U-20 2023. Posisi dari para pemain sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong.

    "Posisi-posisi ini memang secara benar dibutuhkan. Inilah yang jadi kebutuhan kami sekarang," kata Zainudin Amali.

    "Pemerintah dapat input dari federasi dan federasi dapat input dari pelatih," tegas Zainudin Amali.

    4 dari 4 halaman

    Melengkapi Kepingan Tim

    Sementara itu, Wakil Ketua Umum II PSSI, Ratu Tisha, menyebut kehadiran calon pemain naturalisasi itu melengkapi kepingan tim yang dirasa masih lemah oleh pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong. Harapannya adalah kehadiran Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner bisa membantu Timnas U-20 bersaing di Piala Dunia U-20 2023.

    "Bagian mana yang kita kurang untuk dilengkapi maka dari itu dipilihlah posisi backbone yaitu center back, midfielder, dan striker," ucap Ratu Tisha.

    "Piala Dunia U-20 2023 itu kelasnya sangat tinggi karena levelnya kedua setelah Piala Dunia senior. Kami mengharapkan adanya tiga pemain naturalisasi ini setelah mereka bermain untuk Timnas U-20 mereka akan turun ke level klub untuk bisa bersaing dengan pemain lokal," ucap Ratu Tisha.

    Video Populer

    Foto Populer