Sukses


    Kemenkumham Jamin Proses Naturalisasi Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner Rampung Sebelum Piala Dunia U-20 2023

    Bola.com, Jakarta - Direktur Jenderal Administrasi Hukum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Cahyo Rahadian Muzhar, optimistis proses naturalisasi Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner untuk Timnas Indonesia U-20 rampung sebelum Piala Dunia U-20 2023.

    Proses naturalisasi Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner hampir selesai setelah mendapatkan restu dan rekomendasi dari Komisi III DPR RI. Kepastian itu didapat dalam rapat kerja (raker) Komisi III bersama Kemenkumham, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dan PSSI.

    Kemenkumham berburu dengan waktu karena harus merampungkan proses naturalisasi Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner sebelum 1 April 2023 di mana menjadi batas akhir pengumpulan nama untuk Piala Dunia U-20 2023. Cahyo mengaku proses naturalisasi ini merupakan kepentingan nasional sehingga harus segera diselesaikan.

    "Ini kan memang ada kepentingan nasional. Sebagaimana tadi sudah disampaikan pihak Kemenpora dan PSSI, tentunya kami harapkan karena sudah disetujui dalam raker Komisi III," kata Cahyo.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Dibahas Lagi

    Selanjutnya, pembahasan naturalisasi ketiganya akan dibahas kembali pada Rapat Paripurna DPR RI ke-19, Selasa (21/3/2023) pagi WIB. Setelah itu, tinggal menyelesaikan proses pada internal pemerintah.

    "Besok akan ada paripurna kemudian tinggal ada proses di internal pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara, Kemenkumham, kemudian koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk KTP. Nanti penyumpahan dulu baru penerbitan KTP dan paspor," tegas Cahyo.

    3 dari 4 halaman

    Bakal Koordinasi

    Cahyo Rahadian Muzhar menegaskan, Kemenkumham siap berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk merampungkan proses naturalisasi Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner. Pihaknya yakin, dengan waktu dua bulan jelang Piala Dunia U-20 2023 sudah bakal rampung.

    "Kami sudah koordinasi dengan lembaga terkait dan sudah menjadi keputusan pemerintah pada saat memajukan nama-nama ini untuk dilakukan naturalisasi. Pemerintah sudah siap pada tahapan-tahapan yang harus dilalui," ucap Cahyo.

    "Waktunya cukup. Insyaallah kami percaya diri. Kami juga tidak mau kerja keras semua dari kementerian dan lembaga kemudian Komisi III itu sia-sia," tegas Cahyo.

    4 dari 4 halaman

    Berburu dengan Waktu

    Proses naturalisasi Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner berburu dengan waktu penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha, menyebut ketiga pemain itu harus sudah menjadi Warga Negara Indonesia saat pendaftaran skuat untuk turnamen.

    "Daftar besar kita harus masuk tanggal 1 April. Kemudian tanggal 14-15 Mei itu adalah 23 pemain utama," tegas Ratu Tisha.

    Piala Dunia U-20 2023 bakal berlangsung pada 20 Mei 2023. Artinya, proses naturalisasi Justin Hubner, Rafael Struick harus rampung dalam dua bulan ke depan.

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer