Sukses


    Teka-teki Nasib Justin Hubner akan Terjawab dalam Hitungan Hari: Jadi Bela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023?

    Bola.com, Jakarta - Teka-teki nasib Justin Hubner diklaim bakal terjawab dalam hitungan hari. Pernyataan itu disampaikan secara langsung oleh mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani.

    Nama Justin Hubner dalam beberapa hari terakhir mendadak jadi perbincangan. Sang pemain mendapatkan pemanggilan dari Timnas Belanda U-20 saat tengah mengurus proses naturalisasi demi bisa membela Timnas Indonesia U-20.

    Komitmen Justin Hubner pun dipertanyakan setelah adanya pemanggilan dari Belanda U-20. PSSI sampai saat ini pun sukar memberikan jawaban pasti terkait nasib pemain Wolverhampton Wanderers itu.

    "Banyak pertanyaan, apakah Justin Hubner tetap membela Timnas Indonesia atau dia memilih Timnas Belanda? Dalam beberapa hari ke depan akan mendapat jawabannya. Mohon dukungannya karena kami sedang bekerja dan berkomunikasi. Semoga terbaik untuk Merah Putih," kata Hasani Abdulgani, Rabu (22/3/2023).

    2 dari 5 halaman

    Sudah Disahkan DPR

    DPR RI telah menyetujui permohonan pemberian kewarganegaraan untuk Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Keputusan itu diambil dalam rapat paripurna DPR RI pada Selasa (21/3/2023).

    "Persetujuan terhadap permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia dilanjutkan dengan pengambilan keputusan," ujar Ketua DPR sekaligus pemimpin sidang paripurna, Puan Maharani.

    "R08 pada 20 Februari 2023 hal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama Justin Hubner. R09 pada 20 Februari 2023 hal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama Ivar Jenner dan R10 pada 20 Februari 2023 hal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama Rafael Struick," ucap Puan Maharani.

    3 dari 5 halaman

    Mangkir Sidang

    Sebelum diputuskan pada rapat paripurna DPR RI, permohonan naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick lebih dulu dibahas bersama Komisi X dan III. Dalam rapat tersebut, Justin Hubner mangkir dalam pembahasan.

    Padahal, Justin Hubner telah diundang untuk mengikuti rapat secara virtual. Hanya Ivar Jenner yang mengikuti kedua rapat tersebut.

    Adapun Rafael Struick hanya ikut pada rapat kerja sesi perdana bersama Komisi X. Adapun saat bersama Komisi III, Rafael Struick tak terlihat.

    4 dari 5 halaman

    Masih Berkomitmen

    Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menegaskan Justin Hubner masih berkomitmen akan proses naturalisasi yang sedang dijalaninya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Keyakinan itu didapat Indra Sjafri setelah berbicara dengan sang pemain.

    "Hingga saat ini, dia masih berkomitmen. Terakhir dia mengatakan masih berkomitmen," kata Indra Sjafri.

    "Kalau tidak salah, Justin Hubner tadi sedang latihan," ujar Indra Sjafri.

    5 dari 5 halaman

    PSSI Optimistis

    Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria, juga menyatakan kepercayaan dirinya terkait Justin Hubner. Keyakinan itu diungkapkan untuk menguatkan keinginan Hubner membela Timnas Indonesia U-20.

    "Kami berharap secepatnya agar bisa bergabung. Sudah ada komunikasi dengan KNVB, secara consent legal, Justin Hubner sudah setuju gabung. Jadi pegangannya dokumen legal," kata Ratu Tisha di Jakarta.

    Ratu Tisha menyebut Justin Hubner tak masalah bila ikut membela Timnas Belanda U-20. Tisha mengacu kepada aturan FIFA.

    "Kami berbicara berdasarkan pasar. Berdasarkan peraturan FIFA, tidak ada masalah. Ada di pasal 9 yang menyebut bahwa sebelum berusia 20 tahun itu tidak masalah. Jadi, kami bukan seperti pendapat, harus dibedakan," tegas Ratu Tisha.

     

    Video Populer

    Foto Populer