Sukses


    3 Fakta Kekuatan Timnas Jepang U-20 di Panggung Piala Dunia U-20

    Bola.com, Jakarta - Timnas Jepang U-20 tercatat sebagai salah satu kontestan asal Asia yang punya kiprah mengagumkan di kejuaraan Piala Dunia U-20. Pada edisi kali ini, mereka berhasil lolos ke putaran final setelah menembus semifinal Piala Asia U-20 2023.

    Kelolosan ini semakin mengukuhkan status Timnas Jepang U-20 sebagai kontestan dari Asia yang punya catatan mentereng di Piala Dunia U-20. Bisa dibilang, skuad muda Samurai Biru adalah salah satu negara Asia tersukses di kejuaraan ini.

    Dari segi partisipasi, Jepang U-20 sudah cukup sering lolos ke putaran final Piala Dunia U-20. Jika dihitung, jumlah partisipasinya menjadi yang terbanyak kedua di Asia.

    Tak hanya itu, eksistensi mereka tak hanya menjadi pelengkap saja di fase penyisihan. Pasalnya, tim muda Samurai Biru cukup sering melanjutkan perjuangannya hingga fase gugur. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

     

    2 dari 5 halaman

    Rutin Jadi Wakil Asia di Piala Dunia U-20

    Timnas Jepang U-20 memang menjadi salah satu negara Asia yang paling rutin berpartisipasi di kejuaraan Piala Dunia U-20 2023. Sejak pertama kali berpartisipasi di edisi 1979, Timnas Jepang U-20 tercatat sudah 10 kali tampil di ajang ini.

    Dengan kata lain, kejuaraan Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia ini menjadi partisipasi skuad muda Samurai Biru yang ke-11.

    Jumlah ini membawa Jepang menjadi salah satu kontestan asal Asia yang paling sering tampil di ajang ini. Jepang U-20 hanya kalah dari Korea Selatan U-20 yang sudah 16 kali lolos ke putaran final Piala Dunia U-20.

    Selain kedua negara ini, kontestan asal Asia lainnya yang terhitung paling sering menembus putaran final Piala Dunia U-20 ialah Arab Saudi dengan sembilan kali partisipasi.

     

    3 dari 5 halaman

    Jarang Gugur di Fase Grup

    Dari 10 kali partisipasi itu, Timnas Jepang U-20 memang terlihat memiliki rekam jejak yang sangat apik. Pasalnya, mereka cukup sering melangkahkan kakinya ke fase gugur.

    Tercatat, Timnas Jepang U-20 hanya dua kali gagal lolos dari fase penyisihan. Momen itu masing-masing terjadi pada ajang Piala Dunia U-20 edisi 1979 dan 2001.

    Dengan kata lain, pada delapan edisi lainnya, mereka mampu melanjutkan kiprahnya di fase knock-out. Dari semua itu, mereka mampu empat kali melaju hingga babak 16 besar.

    Sementara itu, tiga edisi lainnya sukses dilanjutkan hingga fase perempat final atau delapan besar, yakni pada edisi 1995, 1997, dan 2003. Selanjutnya, satu partisipasi lainnya berhasil dilanjutkan hingga partai puncak.

     

    4 dari 5 halaman

    Pernah Lolos ke Final Piala Dunia U-20

    Timnas Jepang U-20 juga menjadi salah satu dari segelintir negara asal Asia yang mampu menembus babak final Piala Dunia U-20. Keberhasilan itu mereka catat pada edisi 1999.

    Pada kejuaraan yang berlangsung di Nigeria itu, Jepang memang tampil impresif sejak fase penyisihan grup. Mereka mampu menjadi pemuncak klasemen akhir Grup E dan mengungguli Amerika Serikat, Kamerun, hingga Inggris.

    Pada fase gugur, tim asal Negeri Sakura ini berturut-turut menggasak Portugal (16 besar), Meksiko (8 besar), hingga Uruguay (semifinal).

    Namun, kegemilangan Timnas Jepang U-20 harus berakhir saat menghadapi Spanyol di partai puncak. Mereka justru digasak empat gol tanpa balas oleh tim junior asal Negeri Matador tersebut.

    5 dari 5 halaman

    Saksikan Piala Dunia U-20 Eksklusif di Emtek

    <p>Piala Dunia U-20 - Emtek Official Broadcaster Piala Dunia U-20 (Bola.com/Erisa Febri/Adreanus Titus)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-20 2023 menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati berita-berita eksklusif Piala Dunia U-20 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer