Sukses


    Piala Dunia U-20 Batal Digelar di Indonesia, Madura United: Jangan Patah Semangat, Insha Allah Selalu Ada Harapan

    Bola.com, Jakarta - FIFA melucuti status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Keputusan itu diambil setelah pertemuan antara Ketua PSSI, Erick Thohir, dan Presiden FIFA, Gianni Infantino, di Doha, Qatar, Rabu (29/3/2023) malam WIB.

    Dalam keterangan resminya, induk federasi sepakbola tertinggi itu menyebut keadaan yang tak kondusif menjadi penyebab pembatalan tersebut. Ini mengacu pada situasi di tanah air yang memanas seiring penolakan Timnas Israel.

    Pertentangan terhadap kehadiran kontingen Israel itu tak hanya dilemparkan oleh beberapa ormas-ormas. Gubernur Bali, I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga menyatakan keberatannya.

    Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB) selaku operator Madura United, Annisa Zhafarina Qosasi ikut menyayangkan kegagalan Indonesia sebagai tuan rumah. Apalagi, ini terjadi dalam waktu kurang dari dua bulan sebelum hari H.

    "Sangat disayangkan pembatalan ini, ketika negara kita mempunyai kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 justru gagal sampai di sini. Cuma memang keputusan FIFA tetap harus dihormati," ujarnya.

     

    2 dari 4 halaman

    Nelangsa Lihat Mimpi Ronaldo Kwateh Cs Terkubur

    Pencabutan status Indonesia sebagai tuan rumah jadi duka bagi pelaku sepak bola tanah air. Terutama bagi para pemain yang beberapa tahun terakhir mempersiapkan diri untuk tampil sempurna di ajang akbar ini.

    Para penggawa seperti Hokky Caraka, Marselino Ferdinan hingga Ronaldo Kwateh meluapkan semua kekecewaan lewat media sosial. Mereka tak lagi menahan pahitnya kenyataan yang harus mereka rasakan.

    "Terkubur sudah mimpi-mimpi pemain muda untuk tampil di Piala Dunia. Tetapi semoga pembatalan ini tidak membuat pemain-pemain muda kita turun semangat. Insha Allah selalu ada harapan bagi sepakbola Indonesia untuk selalu maju ke depannya," imbuhnya.

     

    3 dari 4 halaman

    Ketar-Ketir Sanksi FIFA

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by Bola.net (@bolanet)

    Jika menilik keterangan resmi FIFA, pembatalan ini juga menimbulkan konsekuensi mengerikan. Indonesia terancam dibekukan dan dikucilkan dari sepakbola dunia karena kegagalannya menggelar Piala Dunia U-20 2023.

    "Kita sebagai penikmat sepakbola hanya bisa berdoa semoga sanksi FIFA tidak begitu merugikan sepakbola Indonesia. Semoga kita masih bisa menjaga martabat dan nama baik sepakbola Indonesia," ungkapnya.

    "Semoga ini tidak memberhentikan, memutus, dan menghilangkan seluruh perjuangan insan-insan di persepakbolaan Indonesia yang ingin dan tulus untuk memajukan Sepakbola Indonesia. Kita masih bisa berdoa dan berharap," tandasnya.

    4 dari 4 halaman

    Bunyi Rilis FIFA

    Berikut ini surat atau rilis resmi dari FIFA perihal pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Dalam surat ini, tertulis pula ancaman sanksi dari FIFA yang bisa dijatuhkan kepada Indonesia

     

    <p>Rilis FIFA terkait pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023</p>

    Video Populer

    Foto Populer