Sukses


    Pemkot Surabaya Siapkan Rencana Jika Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

    Bola.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menyatakan siap jika Kota Pahlawan ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Namun, sejauh ini belum ada pemberitahuan dari PSSI terkait hal itu.

    Kota Surabaya sendiri memiliki Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, yang bisa menampung lebih dari 40 ribu penonton. Eri mengklaim Stadion GBT sudah sesuai standar internasional, dan memenuhi syarat untuk menggelar laga-laga bertaraf dunia.

    Stadion itu memang sempat direnovasi untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023 yang batal digelar di  Indonesia. Terakhir, Stadion GBT menjadi tuan rumah saat Timnas Indonesia menjamu Palestina dalam FIFA Matchday pada 14 Juni 2023.

    “Belum ada pemberitahuan, tapi kami siap jika dijadikan venue pertandingan. Kalau stadion dan semuanya sudah kami siapkan waktu menjamu Palestina, dan itu sudah standar internasional,” ucap Eri.

    “Kami juga mengajukan diri untuk tuan rumah. Kami sudah sampaikan waktu ketua PSSI kontak via telepon. Nanti kita akan ditelepon untuk membuat surat komitmen seperti Piala Dunia U-20. Surat kesediaan,” imbuhnya.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Momentum Menarik Wisatawan

    Fasilitas Stadion GBT memang sudah memadai untuk menggelar turnamen internasional. Di kompleks stadion terdapat lapangan latihan yang bisa digunakan.

    Lalu, ada pula Stadion Gelora 10 November dan Lapangan THOR yang mengalami renovasi. Gelora 10 November sempat dijadikan tempat berlatih Palestina, dengan Lapangan THOR jadi venue TC Timnas Indonesia.

    Menurut Eri, ini merupakan kesempatan yang baik untuk Surabaya. Piala Dunia U-17 dinilai bisa menarik wisatawan datang ke Kota Pahlawan, hal itu pun berpotensi mendongkrak ekonomi masyarakat.

    InsyaAllah setelah ditunjuk langsung kami jalan, termasuk souvenir dan lain-lain yang akan dibuat oleh UMKM Surabaya. Ini kesempatan menggerakkan ekonomi. Dari hotel, UMKM, tempat wisata,” ujar Eri Cahyadi.

     

    3 dari 4 halaman

    Sudah Berbenah

    Akses menuju Stadion GBT juga sempat menjadi sorotan karena terletak di pinggiran Kota Surabaya. namun, Pemkot Surabaya sendiri memiliki moda transportasi yang bisa menjangkaunya, yakni Suroboyo Bus dan Mobil Wira Wiri.

    Sejauh ini, PSSI masih belum menunjuk kota-kota yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Namun, jika merujuk persiapan Piala Dunia U-20 2023, ada enam kota yang disiapkan.

    Di antaranya adalah Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Palembang, dan Gianyar.

    4 dari 4 halaman

    Kota Solo Jadi Tuan Rumah

    Geser ke Jawa Tengah, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga sudah berencana untuk menawarkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 setelah sebelumnya batal menggelar Piala Dunia U-20 2023.

    Hanya saja, gelaran Piala Dunia U-17 2023 sempat melahirkan polemik karena berlangsung saat Liga 1 2023/2024 juga bergulir. Banyak yang menyarankan bahwa PSSI tak perlu menggunakan stadion besar untuk agenda itu.

    Video Populer

    Foto Populer