Sukses


    Persiapan Piala Dunia U-17 2023, Kota Surabaya Siapkan Destinasi Wisata

    Bola.com, Jakarta - Pemkot Surabaya telah mengajukan diri sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Mereka kini menunggu pengumuman dari PSSI terkait kota yang akan ditunjuk untuk turnamen yang digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023 itu.

    Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengaku telah memiliki rencana untuk mempromosikan beberapa destinasi Kota Pahlawan dalam persiapan hajatan itu.

    “Wisata olahraga. Piala ini (Piala Dunia U-17) kan dadakan ya. Tapi, sebenarnya kami sudah punya museum olahraga. Kami punya tempat-tempat olahraga juga, seperti Lapangan THOR dan lain sebagainya, jadi memang kami memantapkan,” kata Eri Cahyadi.

    “Ya terutama untuk wisata olahraganya itu adalah merchandise-merchandise olahraga kita akan lakukan itu,” imbuh pria berusia 46 tahun itu.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 4 halaman

    Sudah Bersiap

    Kota Surabaya memang mulai menyiapkan banyak tempat wisata. Maklum saja, sebelumnya mereka bersiap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang akhirnya batal digelar di Indonesia.

    Pemkot Surabaya telah membangun wahana wisata offroad di Taman Hutan Raya atau Tahura Pakal, yang jaraknya tak jauh dari Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

    Sejumlah alternatif destinasi wisata itu di antaranya adalah Romokalisari Adventure Land, Susur Sungai Kalimas hingga Mobil Offroad di Tahura Pakal.

     

    3 dari 4 halaman

    Masih Tunggu Arahan PSSI

    Eri Cahyadi masih menunggu arahan dari PSSI mengingat belum ada penunjukan resmi kota-kota yang akan jadi tuan rumah.

    Selain mobil offroad, sejumlah wahana menarik lain juga bakal tersedia di Tahura Pakal. Seperti di antaranya, camping ground, flying fox hingga tempat untuk outbound.

    “Kami juga masih menunggu penunjukannya. Kami kan sudah mengusulkan tapi tidak semua venue itu akan dipakai. Dari PSSI itu akan menunjuk mana yang akan dipakai. Ada Solo, ada Surabaya, ada yang lainnya, tapi kita belum tahu mana yang akan ditunjuk,” tuturnya.

     

    4 dari 4 halaman

    Stadion Siap

    Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, sempat menjalani renovasi untuk Piala Dunia U-20 2023 yang batal digelar di Indonesia. Tentu saja, stadion berkapasitas lebih dari 40 ribu penonton itu siap untuk digunakan.

    Masalahnya, Stadion GBT kini berstatus sebagai markas Persebaya Surabaya. Klub berjulukan Bajul Ijo itu juga sedang berkiprah di BRI Liga 1 2023/2024. Piala Dunia U-17 juga digelar pada November saat kompetisi sedang berjalan.

    Piala Dunia U-17 2023 bakal berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Dalam kurun waktu tersebut, Persebaya akan melakoni satu partai kandang, yakni menjamu PSIS Semarang pada 16 November 2023.

    Stadion GBT sendiri sudah berpengalaman menjadi venue laga internasional. Terakhir, Stadion GBT menjadi tuan rumah saat Timnas Indonesia menjamu Palestina dalam FIFA Matchday pada 14 Juni 2023.

    Lalu, ada pula Stadion Gelora 10 November dan Lapangan THOR yang mengalami renovasi. Gelora 10 November sempat dijadikan tempat berlatih Palestina, dengan Lapangan THOR jadi venue TC Timnas Indonesia.

    Akses menuju Stadion GBT juga sempat menjadi sorotan karena terletak di pinggiran Kota Surabaya. namun, Pemkot Surabaya sendiri memiliki moda transportasi yang bisa menjangkaunya, yakni Suroboyo Bus dan Mobil Wira Wiri.

    Video Populer

    Foto Populer