Sukses


    Menyambut Piala Dunia U-17 2023, Pemkot Surabaya Siapkan Lomba Sepak Bola Antar Kampung

    Bola.com, Surabaya - Pemkot Surabaya mulai bersiap menyambut Piala Dunia U-17 2023. Kota Surabaya menjadi tuan rumah ajang tersebut, bahkan menjadi tempat bertandingnya Timnas Indonesia U-17 di Grup A.

    Seperti diketahui, turnamen level dunia itu akan dimulai pada 10 November 2023 atau bertepatan dengan Hari Pahlawan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Pemkot Surabaya mulai melakukan pembenahan minor Stadion GBT jelang Piala Dunia U-17 2023.

    Mereka juga berencana menggelar acara demi menarik perhatian warga Surabaya. Satu di antaranya adalah mengadakan lomba sepak bola antarkampung.

    Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengajak warga Surabaya untuk menyambut euforia ini. Lomba sepak bola bisa diikuti oleh warga Surabaya, mulai dari tingkat RT, RW, kelurahan, hingga kecamatan. 

    “Pertandingan sepak bola tingkat kampung juga akan kami gerakkan, sampai menuju pertandingan di tanggal 10 November 2023. Karena euforianya tanggal 10 November itu,” kata Eri Cahyadi mengenai program jelang Piala Dunia U-17 2023.

     

    2 dari 3 halaman

    Beragam Rencana Lain

    Selain itu, Pemkot Surabaya melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) juga telah berkoordinasi dengan FIFA membahas soal maskot Piala Dunia U-17 2023.

    Pihak Disbudporapar Kota Surabaya akan mengusulkan desain maskot Piala Dunia U-17 2023 kepada FIFA.

    “Untuk maskot, kita memang menyesuaikan dulu, minta saran sama FIFA. Bentuknya tidak boleh sama persis seperti sebelumnya. Makanya kita gambar dulu, kita tunjukkan lalu diperbanyak dan akan dikerjakan oleh UMKM,” imbuh Eri.

    Kepala Disbudporapar Kota Surabaya, Wiwiek Widayati, juga bergerak menyambut Piala Dunia U-17 2023 ini. Dia ingin euforia acara ini berlangsung meriah dengan menyiapkan desain logo komposit yang diusulkan kepada FIFA.

    “Kita masih menyiapkan persetujuan terkait logo komposit ini. Kita kerjakan logonya, nantinya akan disandingkan dengan trofi Piala Dunia FIFA,” ungkap Wiwiek.

    3 dari 3 halaman

    Berencana Buat Trophy Experience

    Selain itu, Disbudporapar Kota Surabaya juga berencana menyusun konsep acara trophy experience. Namun, konsep ini juga masih diusulkan terlebih dahulu kepada FIFA.

    Jika telah disetujui oleh FIFA, maka trofi Piala Dunia U-17 2023 akan diletakkan di tempat-tempat ikonik yang ada di Kota Surabaya. Ada dua tempat yang disiapkan, yakni Balai Pemuda dan Taman Surya. 

    “Semangatnya adalah bagaimana anak-anak muda di Surabaya, baik itu SMP maupun SMA itu benar-benar memiliki spirit dengan adanya olahraga ini. Kita harus bangga ya, Surabaya jadi tempat penyelenggaraan, bahkan pembukaan Piala Dunia U-17 2023,” ujar Wiwiek.

    Timnas Indonesia U-17 sendiri tergabung di Grup A bersama Maroko, Ekuador, dan Panama. Selain laga Grup A, Stadion GBT juga akan jadi venue untuk dua pertandingan babak 16 besar.

    Video Populer

    Foto Populer