Sukses


Mengenal Komposisi Pelatih Timnas Indonesia U-17: Bima Sakti Dibantu Deretan Orang Top

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, telah menentukan komposisi staf dan asisten yang akan membantunya mempersiapkan para pemain untuk menghadapi Piala Dunia U-17 2023.

Muncul sejumlah nama baru yang kini membantu pekerjaan Bima Sakti di backroom Timnas Indonesia U-17. Nama-nama ini tersebar di berbagai sektor, baik itu asisten pelatih, pelatih fisik, hingga pelatih kiper.

Namun, ada juga beberapa wajah lama yang turut dipertahankan oleh juru taktik berusia 47 tahun itu. Mereka sempat membantu Bima Sakti membawa Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Selain nama-nama asisten pelatih ini, Bima Sakti juga bakal mendapat pendampingan dari juru taktik asal Jerman, Frank Wormuth. Namun, tugas Frank tak akan terjun langsung di lapangan, tetapi hanya sebatas menjadi penasihat saja.

Deretan nama pelatih ini juga sudah mulai bertugas untuk mendampingi para pemain Timnas Indonesia U-17 yang tengah menggelar pemusatan latihan (TC) jangka panjang di Jerman. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 5 halaman

Tiga Asisten Pelatih

Saat ini, setidaknya ada tiga asisten pelatih yang akan membantu Bima Sakti di kabinet kepelatihan Timnas Indonesia U-17. Mereka adalah Indriyanto Nugroho, Firmansyah, dan Ilham Romadhona.

Dua nama yang disebut pertama memang bukanlah sosok yang asing. Sebab, sebelumnya Indriyanto Nugroho dan Firmansyah sudah membantu Bima Sakti sejak menangani Timnas Indonesia U-16.

Mantan penggawa Timnas Indonesia ini berhasil membantu Bima Sakti menjuarai Piala AFF U-16 2022. Nunung, sapaan akrab Indriyanto, bakal bertugas mengasah para penyerang Timnas Indonesia U-17.

Sedangkan Firmansyah yang berstatus sebagai mantan bek saat masih aktif bermain, akan menjadi pembimbing Muhammad Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan yang beroperasi di sektor pertahanan.

Adapun Ilham Romadhona menjadi sosok terbaru dalam kabinet ini. Sebelumnya, pelatih berusia 46 tahun itu sempat menangani Persiba Balikpapan hingga menjadi pelatih kepala di tim junior Barito Putera.

3 dari 5 halaman

Dua Pelatih Kiper

Komposisi pelatih kiper Timnas Indonesia U-17 juga mengalami perubahan. Bima Sakti sebelumnya sempat dibantu oleh Markus Horizon ketika mengasuh Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022.

Namun, kini muncul dua penjaga gawang legendaris Timnas Indonesia yang bakal bertugas mengasah kemampuan Andrika Fathir Rachman dan kawan-kawan. Mereka adalah Sahari Gultom dan Kurnia Sandy.

Sebelumnya, Bima Sakti dan Sahari Gultom pernah bekerja sama membantu Indra Sjafri mempersiapkan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Hasilnya, mereka mempersembahkan medali emas.

Sahari Gultom sempat menjadi pelatih kiper Karo United sebelum tugas itu. Sementara Kurnia Sandy sempat menjadi pelatih kiper Timnas Putri Indonesia yang diasuh oleh Rudy Eka Priyambada.

4 dari 5 halaman

Komposisi Pelatih Fisik

Bima Sakti tampaknya membutuhkan tambahan pelatih baru untuk menempa fisik para pemain Timnas Indonesia U-17. Sebelumnya, hanya Gilang Ramadhan yang secara khusus bertugas untuk meningkatkan kebugaran para pemain.

Gilang juga sudah bertugas sejak Piala AFF U-16 2022. Kini, tugasnya berlanjut untuk mempersiapkan Arkhan Kaka dan kolega menghadapi Piala Dunia U-17 2023. Namun demikian, bekas pelatih tim junior Barito Putera ini tak sendirian.

Dia bakal mendapat bantuan dari mantan pelatih fisik Bali United, Yogie Nugraha. Pelatih berusia 36 tahun ini memang sudah cukup berpengalaman. Dia pernah menjadi tangan kanan Stefano Cugurra, baik saat masih bertugas di Persija Jakarta maupun Bali United.

Ketika pelatih yang akrab disapa Teco itu sempat pulang ke Brasil untuk mengurus masalah lisensi, Yogie sempat didapuk menjadi pelatih sementara aliasĀ caretakerĀ Bali United pada musim lalu.

5 dari 5 halaman

Komposisi Pelatih Timnas Indonesia U-17

Pelatih Kepala: Bima Sakti

Asisten Pelatih: Indriyanto Nugroho, Firmansyah, Ilham Romadhona

Pelatih Kiper: Kurnia Sandy, Sahari Gultom

Pelatih Fisik: Gilang Ramadhan, Yogie Nugraha

Penasihat: Frank Wormuth

Video Populer

Foto Populer