Sukses


    Indonesia, Australia, Malaysia, dan Singapura Berpeluang Berkoalisi untuk Menyelenggarakan Piala Dunia 2034

    Bola.com, Bandung - Empat anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang meliputi Indonesia, Australia, Malaysia, dan Singapura berpeluang berkoalisi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

    FIFA telah memastikan bahwa jatah tuan rumah Piala Dunia 2034 akan menjadi milik negara AFC atau Konfederasi Sepak Bola Oceania (OFC).

    Ketua PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan Federasi Sepak Bola Australia (FA), Pemerintah Malaysia, dan Singapura terkait kemungkinan membentuk poros empat negara sebagai penyelenggara Piala Dunia 2034.

    Pembicaraan bersama FA Australia berlangsung dalam Kongres FIFA di Rwanda pada 15 Maret 2023. Sementara, pembahasan dengan Pemerintah Malaysia dan Singapura baru dilakukan pada awal Oktober 2023.

    ==

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Respons Positif

    "Kami sedang menunggu Pemerintah Australia untuk keseriusan bekerja sama dengan Indonesia," ujar Erick Thohir di atas Kereta Cepat Jakarta Bandung pada Senin (9/10/2023).

    "Tetapi, menarik ketika saya berkunjung ke Malaysia dan Singapura. Kedua negara itu menyatakan ketertarikan untuk bergabung dengan Indonesia dan Australia," jelasnya.

    3 dari 5 halaman

    Terus Berdiskusi

    Selain itu, Erick Thohir juga membantah narasi yang beredar bahwa Indonesia tidak diajak Australia untuk maju sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

    "Jadi, kalau ada berita-berita Indonesia ditinggalkan Indonesia, jangan percaya. Ketua PSSInya di sini. Tetapi, konteksnya kami masih diskusi," imbuh Erick Thohir.

    "Sebab, untuk tanda tangan kebersamaan itu pada 31 Oktober 2023. Jadi masih kami diskusikan," terang pria yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI tersebut.

    4 dari 5 halaman

    Dukungan dari Jokowi

    Erick Thohir juga telah melapor Presiden RI, Jokowi, mengenai rencana pihaknya menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034. Lantas, bagaimana respons pemerintah?

    "Responsnya dari sebelum Maret 2023. Beliau sangat mendukung. Justru kami sekarang menguatkan kembali keseriusan ini," ucap Erick Thohir.

    5 dari 5 halaman

    Saksikan Piala Dunia U-17 di EMTEK

    <p>Piala Dunia U-17 - ilustrasi Piala Dunia U-17 2023 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

     

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer