Sukses


    Fakta Menarik Arkhan Kaka, Pencetak Gol Pertama Timnas Indonesia dalam Sejarah Piala Dunia U-17

    Bola.com, Jakarta - Nama Arkhan Kaka mampu mencuri perhatian bersama Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Dia mencetak satu gol saat Tim Garuda Asia bermain imbang 1-1 melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023).

    Pada pertandingan tersebut, Timnas Indonesia U-17 unggul lebih dulu melalui gol Arkhan Kaka pada menit ke-22. Namun, keunggulan pasukan Bima Sakti tersebut hanya bertahan sampai menit ke-28.

    Timnas Ekuador U-17 menyamakan kedudukan melalui sundulan Allen Obando. Setelah itu, kedua tim sebenarnya banyak mendapatkan peluang untuk menambah gol.

    Raihan hasil imbang 1-1 membuat Timnas Indonesia U-17 memetik satu poin. Tim Garuda Asia kini berada di urutan kedua klasemen sementara Grup A Piala Dunia U-17 2023.

    Ini menjadi poin perdana Timnas U-17 dalam debut di Piala Dunia U-17. Adapun Maroko menjadi pemuncak Grup A dengan raihan tiga poin berkat kemenangan 2-0 atas Panama.

    Nama Arkhan Kaka sudah sejak tahun lalu mencuri perhatian publik pencinta sepak bola nasional. Bola.com telah merangkum empat fakta menarik soal Arkhan Kaka, mesin gol masa depan Timnas Indonesia. Simak ulasannya.

    ---

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 6 halaman

    Sejarah Gol Pertama

    Gol yang dicetak Arkhan Kaka ke gawang Ekuador U-17 membuatnya mencetak sejarah. Kaka menjadi pemain Timnas Indonesia U-17 pertama dalam sejarah yang mencetak gol di Piala Dunia U-17.

    Sayangnya, Arkhan Kaka gagal memberikan kemenangan untuk Timnas U-17. Meski demikian, masih ada dua laga yang harus dimainkan Tim Garuda Asia pada laga Grup A Piala Dunia U-17 2023.

     

    3 dari 6 halaman

    Striker Tajam

    Arkhan Kaka merupakan pemain dengan produktivitas cukup apik bersama Timnas Indonesia U-16, dan menjadi satu di antara aktor penting dalam keberhasilan skuad Garuda Muda menjuarai Piala AFF U-16 2022.

    Pemain kelahiran Blitar itu kemudian dipercaya membela Timnas Indonesia U-17 pada Kualifikasi Piala Asia U-17. Saat itu, ia mencuri perhatian ketika mencetak quattrick alias empat gol ke gawang Guam.

    Secara keseluruhan, Arkhan Kaka mencetak tujuh gol di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Sayangnya, Timnas U-17 gagal melenggang ke Piala Asia setelah kalah dari Malaysia.

     

    4 dari 6 halaman

    Debut Liga 1 di Usia Muda

    Pada awal 2022, Arkhan Kaka mendapat kontrak jangka panjang bersama Persis Solo. Ia akan mengenakan seragam Laskar Sambernyawa sampai 2027. Padahal, saat itu dia masih berusia 15 tahun.

    Meski masih berusia belia, Arkhan Kaka dipercaya untuk berlatih bersama tim senior Persis Solo. Bahkan, ia juga dipercaya untuk debut di Liga 1 2022/2023, melawan Persib Bandung.

    Saat ini, Arkhan Kaka baru berusia 15 tahun, tujuh bulan, dan dua hari, sehingga menjadi pemain termuda yang debut di era Liga 1. Dia masuk pada menit ke-70 untuk gantikan Irfan Bachdim.

     

    5 dari 6 halaman

    Darah Pesepak Bola dari Ayah

    Arkhan Kaka Putra Purwanto mewarisi darah sepak bola dari sang ayah, Purwanto Suwondo, yang merupakan eks pemain sepak bola di kompetisi papan atas.

    Purwanto Suwondo tercatat pernah membela Persebaya, Arema, Persija, PSIS Semarang, Persela Lamongan, Semen Padang, dan beberapa klub lainnya. Dia juga pernah menjadi penyerang andalan Timnas Indonesia.

    Bersama Timnas Indonesia, Purwanto pernah bermain SEA Games yang digelar di Malaysia dan Vietnam, juga beberapa ajang internasional di kawasan Asia hingga Eropa.

    6 dari 6 halaman

    Simak Keseruan Piala Dunia U-17 di Emtek Group

    <p>Piala Dunia U-17 - Ilustrasi Logo Piala Dunia U-17 (Bola.com/Salsa Dwi Novita)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer