Sukses


Indonesia Raya Berkumandang Pertama Kali di Venue SEA Games 2015

Bola.com, Singapura - Lagu Indonesia Raya akhirnya berkumandang di venue SEA Games 2015. Adalah Marjuki, atlet kano Indonesia, yang membuat lagu kebangsaan diputar di Marina Channel, Singapura, Sabtu (6/6). Marjuki merebut medali emas pertama bagi kontingen Indonesia.

Marjuki meraih emas dari nomor C1-1000 meter putra. Sejak awal, atlet asal Kendari itu melesat meninggalkan para pesaing. Ada tujuh atlet yang jadi peserta pada nomor ini. Catatan waktu Marjuki 4 menit 2 detik, unggul empat detik dari atlet Myanmar, Oo Thant Zin, yang berada di peringkat kedua.

Keberhasilan Marjuki ikut disaksikan Menpora Imam Nahrawi, Ketua KOI Rita Subowo, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi dan Olah Raga Djoko Pekik Irianto, serta Chef de Mission Taufik Hidayat.

Pada Sabtu ini, ada lima nomor kano yang dipertandingkan. Selain C1-1000 meter, ada K4-1000 meter, K1-1000 meter, C2-1000 meter, dan K2-1000 meter. Indonesia total mengumpulkan satu emas, dua perak, dan satu perunggu dari kano putra hari ini.

Satu-satunya nomor yang gagal menghasilkan medali terjadi di  K1-1000 meter. Maizir Riyondra, yang jadi wakil Indonesia di nomor ini, berada di peringkat kelima dari tujuh peserta. Maizir gagal mencatatkan waktu terbaik lantaran sedikit kelelahan setelah turun di nomor K4-1000 meter. Sementara waktu jeda dari satu nomor ke nomor lain cukup singkat, sekitar 30 menit saja.

EMAS PERTAMA - Indonesia meraih emas pertama di ajang SEA Games 2015. (Bola.com/Arief Bagus)

Trio pelatih kano Indonesia yang dipimpin Suryadi mengungkapkan di SEA Games kali ini pihaknya menargetkan raihan empat medali emas. Dengan begitu, tiga emas lagi harus digapai atlet putri yang baru akan bertanding Senin (8/6).

"Untuk kano putra, ada beberapa perhitungan yang meleset. Berdasarkan hasil uji coba lalu ada yang catatan waktunya bagus dan diprediksi meraih emas. Tetapi, emas yang diraih Marjuki bisa menutupi hal itu," ungkap Suryadi.

Menpora dan Ketua KOI mengaku bersyukur dengan raihan emas Marjuki. "Selamat dan semoga emas ini segera diikuti atlet dari cabang lain. Bonus sudah disiapkan," ujar Imam.

"Akhirnya pecah telur juga. Kami sebenarnya sudah memprediksi, emas Indonesia baru akan bermunculan setelah pembukaan SEA Games dan hal itu terbukti. Hari ini kami optimistis mendulang tambahan emas karena ada cabang olah raga yang berpotensi, seperti berkuda, renang, dan wushu yang sudah dipertandingkan," imbuh Taufik Hidayat.

Hasil Kano Putra Indonesia di SEA Games 2015, Sabtu (6/6)

K4-1000 meter: perak (Sutrisno, Asep Hidayat, Dedi Kurniawan Suyatno, Maizir Riyondra)
C1-1000 meter: emas (Marjuki)
K1-1000 meter: peringkat kelima (Maizir Riyondra)
C2-1000 meter: perak (M. Yunus, Anwar Tarra)
K2-1000 meter: perunggu (Andri Sugiarto, Chandra Destia Nugraha)

Baca Juga:

Raih Medali Ketiga, Tim Renang Capai Target

Singapura Pamer Teknologi di Pesta Pembukaan SEA Games 2015

Saksikan Upacara Pembukaan SEA Games 2015

Video Populer

Foto Populer